Cara Atasi Penindasan di Tempat Kerja

by
December 16th, 2013 at 2:20 pm

CiriCara.com – Aksi penindasan atau bullying di tempat kerja sering dilakukan para senior kepada pegawai baru. Tindakan penindasan itu bisa bermacam-macam, mulai dari penambahan tugas kerja yang tidak sesuai prosedur, kata-kata kasar, dan juga aksi kekerasan.

penindasaran, bullying

Penindasan di tempat kerja – Ist

Anda tentu akan merasa kesal jika senior Anda bertindak semaunya. Mentang-mentang dia merupakan pegawai lama, Anda sering diberlakukan seperti pembantu olehnya. Sebaiknya apa yang harus dilakukan agar tidak terus-terusan menjadi korban bullying?

Menjadi korban penindasan dari rekan kerja jelas akan sangat menyebalkan. Apalagi jika Anda harus mendengarkan ocehannya setiap hari. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi rekan kerja yang suka melakukan penindasan.

1. Kenali bullying

Sebaiknya kenali dulu apa itu bullying, jangan sampai Anda salah sangka. Bullying itu dilakukan secara terus-menerus. Jika senior menindas Anda hari ini tapi selama satu minggu ke depan dia bersikap baik, itu bukan bullying tapi Anda dimarahi.

2. Jangan ragu melawan

Setiap pekerja berhak menentang semua tugas yang tidak sesuai dengan prosedur maupun kontrak kerja. Jika Anda disuruh untuk melakukan sejumlah tugas secara terus menerus, Anda bisa menolaknya. Laporkan kejadian ini ke pihak HRD.

3. Ciptakan pertemanan

Penindasan di tempat kerja itu bisa dicegah jika Anda bisa menciptakan hubungan pertemanan, baik kepada para senior atau ke sesama rekan kerja. Bullying di tempat kerja itu bisa muncul akibat adanya permusuhan.

wanita sukses

Wanita sukses – Ist

4. Bersikap tegas

Para penindas akan semakin merasa berkuasa saat Anda tidak bisa bersikap tegas dan hanya menuruti perintah mereka. Cobalah untuk bersikap tegas dan bilang pada mereka bahwa Anda tidak takut, sekalipun harus dipecat.

5. Kumpulkan bukti

Selalu simpan semua bukti yang menunjukkan bahwa Anda telah ditindas oleh karyawan senior. Dengan bukti-bukti tersebut, Anda bisa melawan mereka dan bahkan bisa menuntut secara hukum.

Ingat! Posisi Anda dan karyawan senior itu sama-sama sebagai pekerja. Jadi, mereka tidak berhak menindas Anda apalagi sampai melakukan hal-hal yang kasar.

(YG)

Comment di sini