Cara Merawat Emas Agar Tetap Mengkilap

by
December 16th, 2013 at 4:48 pm

CiriCara.com – Emas adalah salah satu bentuk investasi yang banyak diburu oleh masyarakat. Fenomena ini disebabkan oleh harga emas yang kian naik dari waktu ke waktu. Tak heran jika hari demi hari semakin banyak orang yang berbur emas untuk kemudian dijual saat harganya sedang naik.

cara merawat emas agar tetap mengkilap

cara merawat emas agar tetap mengkilap / Ist.

Sambil menunggu harga yang tepat untuk dijual, tentunya emas juga harus mendapat perawatan ekstra. Perawatan seperti ini dibutuhkan agar nilai serta kualitas emas baik yang batangan maupun perhiasan tidak menurun dan mempengaruhi harga jual.

Baca jugaCiriCara: Ciri-ciri Emas Asli tapi Palsu

Karena itu, bagi Anda yang memilih emas untuk berinvestasi, Anda harus benar-benar memperhatikan cara perawatan yang tepat. Simak tips berikut untuk merawat emas Anda:

1. Bersihkan emas Anda

Langkah utama yang harus diperhatikan adalah membersihkan emas Anda. Laplah emas yang Anda miliki dengan lap dan autosol. Lap sebaiknya terbuat dari bahan katun agar emas tidak tergores.

2. Simpan dalam bahan kulit

Untuk penyimpanan, simpanlah emas Anda dalam tas yang terbuat dari bahan kulit. Namun jika bahan ini susah didapat, gunakan tas berbahan kain katun. Jangan lupa masukkan gel silica untuk menjaganya tetap kering.

3. Pakai amplas

Anda juga bisa merawat emas yang Anda miliki dengan amplas. Amplas bisa digunakan jika emas yang Anda miliki sudah terlalu tergores. Celupkan amplas dengan nomor tertentu ke dalam air. Selesaikan langkah ini dengan mengoleskan autosol.

Itulah cara mudah merawat perhiasan emas atau emas batangan yang Anda miliki. Dengan memperhatikan langkah di atas, emas yang Anda miliki akan bebas dari kusam dan akan tetap mengkilap meski disimpan dalam waktu yang lama. (RN)