6 Cara Liburan Murah ke Luar Negeri

by
December 17th, 2013 at 11:35 am

CiriCara.com – Liburan murah tentu menjadi idaman setiap orang. Dengan padatnya rutinitas kerja setiap hari, Anda harus memanfaatkan momen senggang untuk berlibur yang tidak akan memboroskan anggaran Anda.

Liburan murah ke luar negeri

Liburan murah ke luar negeri / Ist.

Jika Anda sudah sering mengunjungi tempat wisata di seluruh penjuru nusantara, sekarang saatnya bagi Anda untuk berplesiran ke luar negeri. Namun meski berlibur ke luar negeri, Anda tidak harus merogoh kantong dalam-dalam untuk memfasilitasi kegiatan Anda ini.

Berlibur ke luar negeri bisa dilakukan meski anggaran liburan Anda terbatas. Bagaiamana caranya? Perhatikan langkah-langkah yang dilansir dari Tribunnews.com berikut:

1. Negara bebas visa

Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan beberapa negara sehingga saat penduduk Indonesia bepergian, mereka tidak butuh visa untuk berada di dalamnya.

Semua negara yang tergabung dalam ASEAN seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Vietnama, Filipina, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam adalah negara tujuan bebas visa. Jadi, Anda bisa memilih salah satu negara tersebut untuk berlibur.

Namun jika Anda berniat untuk pergi lebih jauh, Anda bisa memilih negara seperti Maroko, Makau, dan Hongkong. Dengan bebas visa, Anda bisa menghemat biaya pengurusan dan pembuatan visa yang biasanya mencapai ratusan ribu rupiah.

2. Negara dalam satu wilayah

Jika Anda berniat berlibur lebih dari satu negara, Anda harus mempertimbangkan negara mana saja yang akan Anda kunjungi. Usahakan negara-negara tersebut berada dalam satu wilayah atau benua. Misalnya saat Anda berkunjung ke Belanda, Anda bisa mengunjungi negar di sekitarnya seperti Belgia, Jerman, dan sebagainya.

Dengan mengunjungi negara dalam satu kawasan, Anda bisa menghemat lebih banyak uang terutama uang transportasi dengan pesawat.

3. Kunjungi satu tempat wisata

Untuk menghemat anggaran liburan, Anda bisa mengunjungi satu tempat wisata saja di satu negara. Misalnya saat Anda pergi ke Jepang, Anda bisa mengunjungi Tokyo saja. Jangan meluaskan tempat tujuan ke kota lainnya karena dapat menguras kantong Anda.

Karenanya pastikan bahwa kota tempat tujuan wisata Anda merupakan kota dengan destinasi yang ingn Anda kunjungi sehingga Anda tidak menyesal.

4. Perhatikan waktu liburan

Wisatawan dari seluruh dunia mungkin akan mengunjungi tempat tujuan wisata yang akan Anda datangi di waktu yang bersamaan seperti akhir tahun atau musim panas. Tentunya hal ini akan mempengaruhi harga tiket dan penginapan di tempat tersebut.

Karena itu hindarilah bepergian pada saat musim tersebut terutama untuk wilayah Eropa dan Amerika Utara pada akhir tahun seperti ini.

5. Pilih paket liburan

cara liburan murah ke luar negeri

cara liburan murah ke luar negeri / Ist.

Banyak sekali agen wisata yang menawarkan paket liburan yang meliputi tiket pesawat, hotel, dan alat transportasi saat berkunjung ke sana. Paket seperti ini biasanya lebih murah dibanding saat Anda mengurus kebutuhan perjalanan satu persatu. Karena itu, pilihlah paket yang ditawarkan oleh agen wisata seperti ini karena akan menghemat biaya pengeluaran Anda.

6. Perhatikan belanjaan Anda

Liburan tak lepas dari aktivitas belanja, terutama saat Anda harus membawa oleh-oleh bagi kerabat serta teman yang Anda tinggalkan di Indonesia.

Belanja bisa jadi aktivitas paling riskan saat liburan karena meski Anda menghemat untuk urusan transportasi dan penginapan, anggaran Anda justru meledak saat berbelanja.

Untuk menghindari kesalahan ini, pastikan bahwa barang yang Anda beli sesuai dengan kantong Anda. Untuk oleh-oleh, buatlah daftar tentang siapa saja yang akan Anda beri oleh-oleh di awal perjalanan.

Demikian tips mengenai cara murah berliburan ke luar negeri. Jadi jangan takut dan ragu lagi untuk bepergian ke luar Indonesia karena Anda bisa meminimalisir dana agar impian Anda yang satu ini tercapai. (RN)

Comment di sini