KPK: Ratu Atut Jadi Tersangka dalam Dua Kasus

by
December 17th, 2013 at 2:57 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam dua kasus. Atut sudah jadi tersangka sejak 12 Desember 2013 lalu.

abraham samad 2013

Ketua KPK Abraham Samad – Metrotvnews.com

Ketua KPK Abraham Samad mengatakan bahwa Atut ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Pilkada Lebak, Banten. Atut dianggap turut serta melakukan penyuapan bersama dengan adik kandungnya Tubagus Chaeri Wardhana kepada mantan Ketua MK Akil Mochtar.

“KPK menetapkan Ratu Atut Chosiyah, Gubernur Banten selaku tersangka dalam pemberian (suap) berkaitan dengan sengketa Pilkada Lebak Banten,” kata Samad di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2013).

Dalam kasus dugaan suap Akil Mochtar, Atut dikenai pasal 6 ayat 1 huruf a UU Pemberantasan Korupsi. Sementara adik Atut, Tubagus Chaeri Wardhana yang akrab disapa Wawan ini sudah ditahan KPK sejak beberapa bulan lalu.

Selain kasus Pilkada Lebak, Banten, Atut juga dijadikan tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) di Provinsi Banten. Namun, Samad mengatakan bahwa kasus tersebut masih dalam tahap rekonstruksi.

“Untuk sementara sudah disepakati yang bersangkutan (Atut) jadi tersangka,” kata Samad.

Berkaitan dengan ditetapkannya Atut sebagai tersangka, tim penyidik KPK sudah melakukan penggeledahan di rumah Atut. Kediaman Gubernur perempuan pertama di Indonesia itu sudah mulai digeledah sejak Senin (16/12/2013) malam.

Meskipun demikian, belum diketahui kapan Atut akan ditahan. Hingga saat ini pihak KPK masih melakukan penyidikan lebih lanjut mengenai keterkaitan Atut.

(YG)

Comment di sini