PDIP: Rano Karno Otomatis Gantikan Ratu Atut

by
December 18th, 2013 at 2:09 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sejak 16 Desember 2013 lalu. Atut terlibat dalam dua kasus tindak pidana korupsi.

rano karno

Rano Karno – detik.com

Terkait dengan hal itu, banyak yang mulai mempertanyakan siapa yang akan menggantikan kepemimpinan Atut di Pemerintahan Provinsi Banten. Pasalnya, Atut dinilai harus segera mundur dari jabatannya sebagai Gubernur Banten.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Pramono Anung mengatakan bahwa Rano Karo adalah orang yang akan menggantikan Atut. Rano yang merupakan Wakil Gubernur Banten itu otomatis akan menjadi gubernur jika Atut diberhentikan.

“Kalau itu otomatis,” kata Pramono di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (18/12/2013).

Baca juga: Raka, Anak Rano Karno Menderita Sakit Jiwa.

Namun, Pramono tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai pergantian jabatan gubernur tersebut. Pramono yang juga merupakan Wakil Ketua DPR itu memilih langsung memasuki Gedung KPK.

Sementara itu, Politisi Senior PDIP Hendrawan Supratikno menganggap Rano merupakan orang yang tepat untuk menggantikan Atut. Menurutnya, pengalaman Rano dalam menjadi sutradara bisa menjadi bekal untuk memimpin di Banten.

“Nah Pak Rano Karno telah berpengalaman,” kata Hendrawan.

Meskipun demikian, Hendrawan mengungkapkan bahwa pihak PDIP tetap akan menunggu perkembangan dari kasus Atut. PDIP tidak ingin dicap oportunis karena tergesa-gesa mendorong Rano untuk jadi gubernur Banten.

“Biarkan proses berjalan, kalau memang (Atut) sudah tidak bisa menjalankan tugas dengan baik baru digantikan (Rano),” kata Hendrawan.

(YG)

Comment di sini