5 Mitos Mengobati Jerawat yang Salah

by
December 19th, 2013 at 4:22 pm

CiriCara.com – Jerawat adalah masalah kulit umum yang selalu menghantui setiap pria dan wanita dewasa. Banyak langkah diambil untuk mengatasi masalah ini termasuk cara alami dan pengobatan medis.

Mitos mengobati jerawat yang salah /

Mitos mengobati jerawat yang salah / Ist.

Cara alami cenderung dipilih oleh sebagian besar orang karena dianggap lebih aman, praktis, dan tidak terlalu menguras kantong. Namun tahukah Anda bahwa sebagian besar pengobatan alami yang Anda lakukan hanyalah sebuah mitos yang justru memperburuk kulit wajah Anda?

Mitos apa saja? Simak penjelasan yang dilansir dari Kompas.com, berikut ini:

1. Pasta gigi

Pasta gigi adalah cara tradisional yang sering dipilih untuk menyembuhkan jerawat membandel. Pasta gigi diaplikasikan pada kulit wajah dan dipercaya dapat mengempiskan jerawat.

Namun, cara ini dianggap hanya mitos belaka karena pasta gigi dapat mengeringkan kulit bahkan menyengat serta membakar kulit wajah. Bahkan jerawat justru lebih banyak bermunculan saat kulit kita tidak cocok dengan pasta gigi.

2. Lemon

Lemon juga dipercaya dapat mengempiskan jerawat serta menghilangkan jerawat dari wajah. Namun jika Anda memiliki kulit wajah sensiti, jangan gunakan jus lemon karena dapat menyebab kulit wajah merah dan membengkak.

3. Tomat

Jus tomat memang mengandung vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Tomat juga bisa menyembuhkan jerawat. Namun sayangnya tomat tidak terlalu mampu mengobati jerawat.

4. Obat tetes mata

Mitos lainnya yang dipercaya mengobati jerawat adalah dengan meneteskan obat tetes mata ke area yang berjerawat. Faktanya, obat tetes mata bisa mengurangi kemerahan pada jerawat. Namun obat tetes mata tidak akan bisa membersihkan setiap jerawat di wajah Anda.

5. Sinar matahari

Sinar matahari memang bisa mengeluarkan jerawat dan membersihkan kulit. Namun pada noda hitam bekas jerawat, noda bekas jerawat justru akan lebih memburuk dan menimbulkan jerawat yang baru.

Demikianlah kelima mitos mengobati jerawat yang salah. Jadi saat Anda akan mencoba pengobatan alami untuk menyembuhkan jerawat, lebih baik Anda melihat efek samping positif dan negatifnya. Jangan asal mencoba pengobatan instan tersebut karena belum tentu kulit Anda cocok. (RN)

Comment di sini