Smartphone Nokia Android Batal Diluncurkan

by
December 19th, 2013 at 3:01 pm

CiriCara.com – Setelah beredar isu yang menyebutkan bahwa produsen handset asal Finlandia tersebut sedang mengerjakan sebuah proyek baru smartphone dengan menggunakan sistem operasi Android, nampaknya para penggemar Nokia yang sudah menunggu kabar tersebut terpaksa harus gigit jari. Harapan untuk mengutak-utik smartphone Nokia berbasis OS Android tampaknya tidak akan menjadi kenyataan.

Nokia Normandy

Nokia Normandy / Ist.

Perangkat yang mengusng codename Normandy itu batal diluncurkan karena pengembangannya pun dihentikan. Amat disayangkan karena Nokia Normandy dilaporkan sudah sampai pada tahap pengembangan prototype.

Alasan pembatalan kerja sama tersebut karena Nokia diharuskan menjual produk Android-nya dengan brand baru, dan pihak Nokia pun memutuskan mundur dari proyek tersebut.

Isu bahwa permintaan pemutusan kerja sama dengan OS Robot Hijau karena intervensi Microsoft yang telah mengakuisisinya beberapa bulan lalu juga ditepis oleh pihak Nokia. Mereka menegaskan bahwa proyek pengerjaan Nokia Normandy dilakukan oleh bagian CTO Nokia dan bukan berasal dari divisi Mobile Devices and Service yang akan bergabung ke Microsoft sehingga tidak ada campur tangan dari produsen pengembang OS Windows Phone tersebut.

Sebenarnya berat bagi Nokia untuk menghentikan proyek kerjasama dengan Android itu, karena demi mengerjakan proyek ini mereka membujuk Peter Skillman yang adalah mantan VP MeeGo UX dan Service Design sebagai pimpinan. Skillman juga merupakan kepala bagian desain dari HERE dan pernah terlibat dalam pengembangan proyek Palm. Tentu saja ini berarti Nokia tidak main-main demi mewujudkan mimpi para penggemar setianya untuk memiliki smartphone berbasis Andorid dengan segala kelebihannya.

Sejatinya pengembangan proyek tersebut masih dapat dilanjutkan karena terpisah dari divisi yang akan bergabung dengan Microsoft. Namun karena diharuskan untuk menjualnya dengan brand baru, akhirnya proyek kerja sama tersebut harus dibatalkan.

Selain menghentikan proyek handset Android Normandy, Nokia dikabarkan juga tak akan melanjutkan pengembangan prototype tablet miliknya. Diantaranya adalah Nokia Illusionist atau Lumia 2020 serta tablet berbasis Android berukuran 7 inci yang menggunakan Proccesor Qualcomm Snapdragon 400.

Saat ini Nokia sepertinya lebih fokus pada pengembangan produk wearable dan sejumlah teknologi baru seperti flexible display yang bisa kita lihat pada Samsung Galaxy Round atau LG G Flex. Nokia juga sedang mengembangkan proyek Smart Glass atau kacamata pintar yang merupakan perangkat wearable dan mengusung teknologi layar fleksibel, augemented reality, transmisi power wireless dan juga energi elektromagnetik. Perangkat tersebut kabarnya sudah masuk dalam daftar roadmap Nokia dan akan diluncurkan pada tahun 2015 mendatang.

Sebelumnya teknologi milik Nokia ini telah digunakan oleh Vuxiz dalam smart glass terbarunya. Jadi tidak mengherankan bila Nokia memutuskan untuk mengembangkan perangkat kacamata cerdas sendiri.

Nokia Normandy

Nokia Normandy / Ist.

Seperti kita ketahui, smartphone berbasis Android memang sedang menjadi trend sehingga kini banyak bermunculan vendor yang mengeluarkan perangkat dengan menggunakan OS keluaran Google tersebut. Tentu saja dengan jumlah penjualan yang signifikan hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi produsen lain untuk ikut bekerjasama, termasuk Nokia.

Meskipun saat ini smartphone miliknya menggunakan OS Windows Phone, Nokia sepertinya tertarik untuk berkecimpung dengan OS terpopuler saat ini tersebut sehingga muncul proyek kerjasama memproduksi smartphone dengan codename Normandy. Namun sayangnya proyek tersebut harus dihentikan di tengah jalan akibat visi yang tidak sejalan.

Rumor mengenai keberadaan Nokia Normandy sebenarnya masih sebatas isu saja meskipun ada banyak leak dan bocoran mengenai pengembangan proyek tersebut. Hingga saat ini, pihak Nokia sendiri belum pernah memberikan pernyataan resmi terkait proyek kerjasama dengan Android tersebut yang akhirnya harus dibatalkan.

Comment di sini