Cara Agar Tetap Hemat Saat Liburan

by
December 20th, 2013 at 1:59 pm

CiriCara.com – Momen pergantian tahun tidak hanya dirayakan dengan menyalakan kembang api saja. Beberapa orang juga ada yang merayakan momen pergantian tahun dengan berlibur. Ingin berlibur tapi takut uangnya habis?

tips liburan

Liburan keluarga – Ist

Banyak yang bilang kalau liburan itu hanya akan membuat pengeluaran kita jadi boros. Orang yang sedang berlibur cenderung lebih mudah dalam mengeluarkan uang. Apalagi, jika tempat wisata yang dituju itu juga menyediakan tempat belanja.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh liburan saat akhir tahun. Beberapa cara berikut bisa membantu Anda dalam menyusun rencana liburan agar tetap hemat. Simak baik-baik penjelasannya.

1. Melakukan survei

Pilih tempat wisata yang ingin Anda tuju. Cari informasi, bisa di internet atau referensi teman, mengenai harga penginapan, transportasi, dan juga harga pernak-pernik khas tempat wisata tersebut. Jika dirasa masih terlalu mahal, cari tempat wisata lainnya.

2. Rencanakan anggaran

Rencanakan anggaran yang kiranya akan dipakai saat berlibur. Hitung berapa dana maksimal untuk membeli oleh-oleh. Jika sudah melebihi batas yang ditentukan, maka Anda tidak boleh membeli oleh-oleh lagi. Cara ini bertujuan agar Anda tidak kehabisan uang di tengah jalan.

3. Wisata gratis

Cari tempat wisata yang akses masuknya gratis atau bertiket murah. Beberapa wisata alam, seperti pantai bisa menjadi salah satu pilihan buat Anda. Karena akses masuknya gratis, jadi Anda hanya perlu mengeluarkan ongkos dan biaya makan selama di pantai.

Liburan Bersama Teman4. Rombongan

Beberapa tempat wisata menyediakan tarif khusus untuk paket rombongan. Jadi, Anda bisa lebih irit ketimbang harus pergi liburan seorang diri. Apalagi, liburan dengan cara rombongan ini lebih seru dan lebih ramai.

5. Lokasi yang dekat

Agar tidak terlalu boros, Anda bisa menghemat dari segi ongkos. Caranya, pilih tempat wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu menyewa tempat untuk menginap.

Boros atau tidaknya liburan, semua tergantung pada bagaimana cara kita dalam mengatur keuangan. Jika tidak bisa mengelola uang dengan baik, maka dijamin uang Anda pasti akan habis karena liburan.

(YG)

Comment di sini