Cara Menghemat Uang Jajan

by
December 23rd, 2013 at 11:18 am

CiriCara.com – Kita sering mendapatkan uang jajan ketika akan berangkat ke sekolah. Bahkan, ada beberapa orangtua yang tetap memberikan jatah uang jajan meski sedang libur. Apa yang kamu lakukan dengan uang jajan itu?

uang jajan

Uang Jajan – Ist

Sebenarnya, uang jajan tidak harus dihabiskan untuk bersenang-senang. Ada baiknya kamu juga menyisihkan sebagian dari uang jajan untuk ditabung. Jadi, saat kamu membutuhkan suatu barang kamu bisa membelinya dengan uang tabungan tersebut.

Namun, untuk bisa menyisihkan uang jajan itu tidaklah mudah. Terkadang, ada saja godaan yang membuat kamu akhirnya malah menghabiskan uang jajan. Agar hal ini tidak terjadi terus-terusan, berikut ada beberapa hal yang bisa membantu kamu menghemat uang jajan.

1. Simpan uang jajan

Setiap kali akan bepergian, cobalah untuk membawa uang jajan secukupnya saja. Sisihkan 30 persen uang jajan kamu dan simpan di rumah. Hal ini bertujuan agar kamu tidak belanja berlebihan. Dengan demikian, uang jajan akan lebih hemat.

2. Membawa bekal

Membawa bekal makan dari rumah bisa menjadi cara untuk menghemat uang jajan. Perut yang kenyang akan mengurangi keinginan untuk membeli camilan atau jajanan lain. Itu artinya, membawa bekal bisa membuat uang jajan jadi lebih hemat.

3. Melakukan puasa

Bagi kamu umat Muslim, puasa sunah Senin dan Kamis bisa menjadi cara untuk menghemat uang jajan. Selain hemat uang jajan, kamu juga akan mendapatkan pahala dan jadi lebih taat terhadap perintah agama.

tabungan

Menabung – Ist

4. Mengajak teman

Terkadang rencana untuk menghemat uang jajan jadi gagal lantaran teman mengajak kamu pergi jalan bareng untuk belanja. Nah, untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengajak teman untuk berhemat bersama. Dengan demikian, rencana untuk menghemat bisa sukses.

5. Kemauan dan niat kuat

Rencana untuk menghemat uang jajan akan gagal jika tidak ada kemauan dan niat yang kuat. Jadi bisa atau tidaknya kamu menabung, semua itu tergantung pada diri kamu sendiri. Apakah kamu sudah punya kemauan dan niat yang kuat?

(YG)

Comment di sini