Cara Jitu Atasi Kebiasaan Boros

by
December 24th, 2013 at 11:55 am

CiriCara.com – Berbelanja setiap bulan atau bahkan setiap akhir pekan memang sangat menyenangkan. Namun, tanpa Anda sadari kebiasaan tersebut telah membuat keuangan Anda dan keluarga menjadi boros. Harus bagaimana?

wanita hobi belanja

Hobi belanja – Ist

Kebiasaan hidup boros tentu akan berdampak buruk pada keuangan keluarga. Bahkan, tak sedikit orang yang pada akhirnya bangkrut karena kebiasaan boros tersebut. Mereka tidak sadar telah menghambur-hamburkan uangnya untuk barang yang tidak perlu.

Meskipun tidak mudah, sebenarnya masih ada cara agar Anda bisa berhenti menjadi seseorang yang boros. Berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan sifat boros Anda.

1. Buat batasan

Buat batasan maksimal berapa uang yang boleh dikeluarkan selama satu minggu atau satu bulan. Anda tidak boleh berbelanja melebihi batas tersebut. Dengan demikian Anda tidak akan bisa berbelanja sesuka hati yang justru akan membuat keuangan Anda boros.

2. Hindari kartu kredit

Saat berbelanja hindari menggunakan kartu kredit. Selain jumlah bunga yang harus Anda setorkan, penggunaan kartu kredit juga bisa mendorong Anda jadi lebih boros. Apalagi jika batas limitnya tinggi.

3. Jangan mudah dirayu

Bujuk rayu seorang sales memang sangat menggoda. Untuk itu, Anda jangan mudah tergoda oleh perkataan manis seorang sales. Sebelum membeli, lihat dulu apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak.

4. Jebakan diskon

Untuk menarik pembeli, penjual biasanya akan menawarkan diskon. Saat ada diskon, Anda pun tergiur untuk membeli barang dalam jumlah yang besar. Jika memang tidak begitu dibutuhkan, lebih baik tidak usah membeli walaupun harganya didiskon.

5. Wajib menabung

Agar keuangan keluarga Anda tidak boros, buat peraturan wajib menabung. Anda bisa menyisihkan 10-30 persen dari total penghasilan untuk ditabung. Uang tabungan ini bisa dimanfaatkan untuk sejumlah kebutuhan mendesak. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

(YG)

Comment di sini