Ciri-ciri Anda Punya Kulit Sensitif

by
December 24th, 2013 at 4:05 pm

CiriCara.com – Memiliki kulit yang lembut, bersih, dan sehat adalah impian semua orang. Anda tentu akan merasa percaya diri jika memiliki kulit yang putih dan bersih. Tak heran, banyak orang yang melakukan perawatan khusus demi mendapatkan kulit yang sehat.

kulit sensitif

Kulit sensitif – Ist

Namun, beberapa orang ternyata ada yang mempunyai kulit sensitif. Berbeda dari masalah kulit pada umumnya, kulit sensitif ini sering tidak disadari oleh sebagian orang. Beberapa bahkan menganggap masalah kulit sensitif ini sebagai masalah kulit biasa.

Menurut dr Eddy Karta, SpKK, kulit sensitif sangat peka terhadap perubahan lingkungan. Perawatan kulit dan produk kosmetik yang tidak cocok juga akan berdampak buruk pada kulit sensitif, mulai dari masalah kulit biasa hingga iritasi kulit.

Karena disebabkan oleh faktor genetis, ciri kulit sensitif ini sulit untuk diamati secara kasat mata. “Yang sering terlihat adalah kulit mudah kering dan mudah terjadi iritasi karena sistem perlindungan kulit kurang baik terhadap faktor lingkungan dan polusi,” kata dr Eddy.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri-ciri dari kulit sensitif:

1. Kulit sensitif biasanya mudah bereaksi terhadap faktor lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, cuaca dingin, dan bahan kimia yang ada di kosmetik. Biasanya kulit akan menunjukan reaksi negatif, seperti kulit jadi jerawatan ataupun kulit kering.

2. Kulit sensitif akan mengalami iritasi, rasa menyengat, gatal, rasa seperti terbakar, dan juga kulit terasa kencang saat terkena bahan kimia dalam kosmetik atau sinar matahari.

3. Kulit sensitif akan berubah jadi sangat kering dan bersisik di siang hari.

4. Ciri kulit sensitif lainnya adalah bekas noda dikulit sulit dihilangkan. Jika bekas luka, vlek hitam atau bekas jerawat di kulit sulit dihilangkan, itu bisa jadi tanda kalau Anda punya kulit sensitif.

5. Kulit sensitif punya ciri kulit tampak tipis sehingga garis-garis halus pembuluh darah dapat terlihat jelas.

6. Kulit wajah jadi memerah setelah dibersihkan dengan sabun pembersih wajah dan kemudian dikeringkan dengan handuk. Itu artinya Anda punya kulit sensitif, karena kulit sensitif itu sangat peka terhadap tekanan sekecil apa pun.

7. Ciri kulit sensitif yang terakhir adalah sering terkena alergi. Biasanya akan muncul rasa gatal dan juga jerawat pada kulit.

Merawat jenis kulit sensitif ini memang gampang-gampang susah. Jadi, Anda harus tetap bersabar agar masalah kulit yang diderita tidak semakin parah.

(YG)

Comment di sini