Bus Tingkat Wisata di Jakarta Akan Digratiskan

by
January 6th, 2014 at 10:12 am

Jakarta (CiriCara.com) – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budiman akan mendatangkan bus tingkat untuk wisatawan di Jakarta. Arie juga mengatakan bahwa bus wisata itu akan digratiskan.

bus tingkat jakarta

Bus tingkat “Wisata Keliling Ibukota” – Ist

Menurut Arie, lima bus yang didatangkan dari China itu akan sampai di Jakarta pada 9 Januari 2014 mendatang. “Nantinya akan digratiskan bagi masyarakat yang ingin naik bus tingkat,” kata Arie, Senin (6/1/2014).

Lima bus tingkat buatan China itu dibeli Dinas Pariwisata dengan total biaya mencapai Rp 15 miliar. Itu artinya, satu unit bus tingkat itu berharga Rp 3 miliar. Menurut Arie, biaya tersebut diambil dari dana APBD 2013.

Mengenai rute yang akan dilalui bus tingkat tersebut, Arie mengaku masih belum menentukan rute resminya. Namun selama masa uji coba, bus tingkat tersebut akan melalui tiga rute alternatif, yakni rute Blok M – Monas, Bundaran HI – Tanah Abang, dan Monas – Kota Tua.

“Nanti setelah bus diuji coba baru ditentukan rute mana yang akan dipakai,” kata Arie.

Arie juga menjelaskan bahwa bus tingkat tersebut rencananya akan mulai beroperasi pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. Bus ini akan menggunakan jalur umum, bukan jalur khusus bus transjakarta atau busway.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengatakan bahwa infrastruktur di Jakarta sudah memadai untuk dioperasikan bus tingkat. Menurutnya, spesifikasi bus tingkat itu juga sudah di sesuaikan dengan kondisi jalanan di Jakarta sehingga tidak akan ada masalah.

Selama masa uji coba, Jokowi mengaku akan mengawal pengoperasian bus wisata asal China tersebut. “Ya, mungkin pertama-pertamalah dikawal kita dulu,” kata Jokowi yang pernah dinobatkan sebagai wali kota terbaik ke ketiga di dunia.

(YG)

Comment di sini