Cara Agar Bayi Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan

by
January 6th, 2014 at 11:03 am

CiriCara.com – Musim hujan sering membuat orang jadi mudah terserang penyakit, tak terkecuali para bayi. Hal ini tentu akan membuat para ibu jadi merasa khawatir, apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan. Apa yang harus dilakukan?

bayi sehat

Bayi tetap sehat – Ist

Penyakit yang sering muncul saat musim hujan itu biasanya merupakan penyakit yang menular. Orang yang punya daya tahan tubuh lemah akan sangat mudah terserang penyakit. Batuk maupun pilek bisa saja menyerang buah hati.

Sebelum buah hati Anda terserang penyakit, ada baiknya Anda melakukan beberapa pencegahan. Berikut ada penjelasan mengenai cara agar bayi tidak mudah terserang penyakit di musim hujan seperti sekarang ini.

1. Menjaga kebersihan tangan

Agar terhindar dari virus atau kuman penyebab flu atau pilek, selalu jaga kebersihan tangan Anda dan buah hati. Cuci tangan buah hati Anda, apalagi jika dia punya kebiasaan memasukan benda-benda ke mulutnya. Cuci juga tangan Anda sebelum mengganti popok atau menggendong buah hati.

2. Lingkungan yang steril

Tubuh bayi umumnya memiliki daya tahan yang masih lemah. Karenanya, Anda harus memastikan bahwa lingkungan si bayi sudah steril. Pakaian, mainan bayi, alat makan maupun minum bayi harus steril sebelum digunakan.

3. Kekebalan tubuh

Untuk menjaga kekebalan tubuh bayi, Anda harus memberikan asupan yang bergizi. Balita yang berusia di bawah enam bulan, makanan terbaik untuk menjaga daya tahan tubuhnya adalah air susu ibu (ASI). Jika sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI, perbanyak makanan yang mengandung vitamin A, C, D, E serta omega 3.

4. Jaga kesehatan keluarga

Agar bayi tidak tertular penyakit, Anda juga harus menjaga kesehatan Anda dan juga anggota keluarga yang lainnya. Jangan sampai ada anggota keluarga yang terkena flu maupun batuk. Hal itu bisa menular ke bayi, terutama jika si ibu yang sakit.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar bayi tidak mudah terserang penyakit saat musim hujan. Hati-hati dengan penyebaran virus penyebab flu dan batuk. Karena penyakit tersebut sangat rawan menyerang balita.

(YG)

Comment di sini