Cara Menghadapi Bos yang Galak

by
January 6th, 2014 at 11:59 am

CiriCara.com – Punya atasan atau bos yang galak itu memang menyebalkan. Anda tentu akan merasa tertekan karena terus-terusan kena marah. Padahal, Anda merasa selama ini telah bekerja dengan baik. Harus bagaimana?

bos marah-marah

Bos galak – Ist

Beberapa orang memutuskan untuk berhenti bekerja karena merasa sudah tidak kuat menghadapi bos yang galak. Mereka lebih memilih untuk mencari pekerjaan yang baru dibanding harus berhadapan dengan bos galak setiap hari.

Berhenti bekerja mungkin merupakan suatu keputusan yang paling mudah. Namun sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja, sebaiknya Anda coba dulu cara menghadapi bos galak berikut ini.

1. Catat perintahnya

Catat setiap perintah atasan kepada Anda, bila perlu direkam. Catatan ini berguna untuk membantu Anda ketika si Bos marah-marah dan menjadikan Anda sebagai kambing hitam. Anda bisa menunjukan catatan tersebut sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan pekerjaan sesuai dengan perintah. Dengan demikian si bos tidak akan bisa mengelak.

2. Kenali sifatnya

Sifat kejam si Bos itu bermacam-macam. Ada yang suka marah-marah tidak jelas, sering memacing emosi anak buahnya, dan ada juga bos yang suka marah saat pekerjanya datang telat. Dengan mengenali sifat kejam si Bos, Anda bisa belajar untuk menghindari kemarahannya.

3. Jangan emosi

Saat si Bos marah-marah kepada Anda, cobalah untuk tidak emosi. Cari penyebab kenapa si Bos bisa marah-marah. Jika memang Anda salah, sebaiknya terima dengan lapang dada. Tapi jika bos yang salah, bicarakan dengan cara yang halus.

4. Jangan dipikirkan

Anda tentu sudah paham dengan karakter bos Anda. Jika sudah tahu bahwa bos Anda ini galak, jangan terlalu dipikirkan ketika dimarahi. Jika Anda terus memikirkan sifat galaknya, hal ini hanya akan membuat Anda tertekan. Cobalah untuk tetap santai agar Anda tidak stress.

5. Jangan terburu-buru

Sering terlintas pemikiran ingin berhenti bekerja saat kena marah bos. Namun, Anda sebaiknya jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Karena belum tentu di pekerjaan yang baru itu Anda akan mendapatkan atasan yang baik.

Mempunyai bos atau atasan yang galak itu wajar dalam dunia kerja. Semua tergantung pada bagaimana cara Anda menghadapinya.

(YG)

Comment di sini