Ciri Makanan Yang Mengandung Boraks

by
January 6th, 2014 at 3:33 pm

CiriCara.com – Boraks adalah senyawa berbentuk kristal, berwarna putih, tidak berbau, dan stabil pada suhu dan tekanan normal. Boraks biasa digunakan dalam kepentingan industri, seperti untuk bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, dan pengontrol kecoa.

boraks

Boraks – Ist

Meskipun demikian, boraks ternyata juga sering digunakan para “pedagang nakal” sebagai bahan pembuat makanan. Hal ini tentu akan membahayakan kesehatan para konsumen. Karenanya, Anda harus waspada!

Baca juga: Cara Bedakan Bakso Babi dengan Bakso Sapi.

Penggunaan boraks pada makanan bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi secara belebih, tubuh bisa mengalami diare, muntah, merah dilendir, konvulsi, dan depresi SSP (Susunan Syaraf Pusat).

Berikut ciri-ciri makanan yang mengandung boraks:

- Dari segi warna
Makanan yang mengandung boraks biasanya mempunyai warna yang lebih mencolok dan lebih cerah dibanding makanan yang lainnya.

- Dari segi tekstur
Makanan yang mengandung boraks mempunyai tekstur kenyal saat dimakan. Makanan ini juga terlihat lebih segar dan cerah dibanding makanan lainnya.

- Mie basah
Mie basah merupakan salah satu makanan yang paling banyak ditemukan mengandung boraks. Mie basah yang mengandung boraks mempunyai ciri lebih kenyal, lebih mengkilap, tidak lengket, dan tidak cepat putus.

- Bakso
Pedagang nakal banyak menggunakan boraks untuk membuat bakso. Ciri bakso yang mengandung boraks itu adalah, teksturnya kenyal dan warnanya cenderung keputihan dibanding bakso lainnya.

- Kerupuk
Ternyata penggunaan boraks juga ada pada kerupuk. Kerupuk yang mengandung boraks mempunyai ciri sangat renyah, namun memberi sedikit rasa getir.

Anda sebaiknya lebih waspada lagi saat akan membeli jajanan atau makanan siap saji. Agar lebih terjamin, sebaiknya Anda membuatnya sendiri di rumah.

(YG)

Comment di sini