Telaga Sarangan dan Grojogan Sewu, Wisata Kaki Gunung Lawu

by
January 6th, 2014 at 8:46 am

CiriCara.com – Seperti judul di atas, kali ini saya akan membahas tentang dua tempat wisata yang berada di kaki Gunung Lawu, Telaga Sarangan dan Grojogan Sewu. Bagi Anda yang masih bingung ingin berkunjung kemana untuk mengisi liburan Tahun Baru, dua tempat ini mungkin bisa menjadi referensi bagi anda sekalian untuk berlibur bersama keluarga. Bersantai menikmati keindahan alam dan merasakan pengalaman seru melintasi keasrian alam Indonesia.

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan / Ist.

Telaga Sarangan dan Grojogan Sewu merupakan tempat wisata yang kental dengan nuansa air, dikelilingi keindahan panorama pegunungan hijau dan relief pepohonan yang indah. Meski sama-sama berada di kaki Gunung Lawu, tetapi jarak dari dua tempat ini cukup jauh dan berada di dua provinsi yang berbeda. Hal ini karena memang letak Gunung Lawu yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Telaga sarangan berada di Magetan, Jawa Timur tepatnya di Sarangan, Plaosan, Magetan. Sedangkan Grojogan Sewu berada di Tawangmangu, Karanganyar. Meskipun cukup jauh, tetapi akses jalan dari Magetan ke Tawangmangu dan sebaliknya cukup lancar bahkan ramai. Karena dua tempat ini memang menjadi wisata yang cukup menyegarkan dan menarik untuk dikunjungi.

Telaga Sarangan berada di kaki Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 1000m dpl. Sarangan merupakan tempat wisata yang cukup ramai dan nyaman. Banyak fasilitas yang tersedia di sana, dari parkir kendaraan yang luas, penginapan, lapak-lapak penjual pernak-pernik dan oleh-oleh, tempat ibadah juga trasportasi mengelilingi daerah wisata telaga jika anda tidak ingin lelah atau sekedar ingn merasakan sensasi baru dengan menaiki kuda.

Telaga Sarangan adalah wisata air, seperti namanya telaga atau danau, jadi merupakan wisata danau yang cukup menawan, dihiasi embun dan kabut yang menyelimuti sekitar telaga yang juga dikelilingi bukit dan pegunungan dengan pemandangan yang cukup menarik. Di sana selain disuguhkan pemandangan alam dan hiruk-pikuk perdagangan, kita juga bisa turun dan mengelilingi telaga dengan menggunakan speedboat atau bersantai mengapung-apung dengan perahu bebek. Terlebih jika dinikmati bersama pasangan akan cukup romantis tentunya.

Jika Anda tidak ingin lelah mengelilingi daerah wisata Telaga Sarangan dan ingin mencoba hal baru, Anda bisa memilih untuk berjalan-jalan dengan kuda. Karena di Telaga Sarangan akan banyak sekali para joki kuda yang menyediakan jasa ojek kuda. Saat saya kesana banyak sekali anak-anak bahkan orang dewasa yang menikmati jalan-jalan mereka dengan menunggang kuda.

Ada pula kuliner khas yang menjadi daya tarik tersendiri, yakni sate kelinci. Jika anda berkunjung ke telaga sarangan, Anda akan menemukan pedagang keliling sampai lapak-lapak rumah makan yang menjadikan sate kelinci sebagai menu wajib yang akan selalu tersedia dan anda harus mencobanya. Lapak-lapak rumah makan pun dibuat dengan tema alam, dengan dekorasi dari bambu, menggandeng pepohonan sekitar sebagai hiasan dan peneduh ditambah tempat makan lesehan. Kesan alami dan damai. Sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga usai mengelilingi telaga dan bermain speedboat.

Baca jugaWisata Indo: Pesona Puncak Telomoyo, Magelang

Naik lebih tinggi lagi ke lereng Gunung Lawu di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, kita akan menemukan kawasan wisata air lainnya yang tidak kalah seru dan indah. Grojogan Sewu, adalah sebuah wisata air terjun yang berada di kawasan hutan lindung Tawangmangu.

Ketika sampai di gerbang Grojogan Sewu, Anda akan disuguhkan dengan suasana yang alami dan sangat natural. Sampai di gerbang masuk pembelian tiket, anda akan langsung disambut kawanan monyet yang berayun santai dan lari kesana kemari. Ditambah dengan lokasi yang merupakan kawasan hutan lindung yang terjaga dan kebersihan yang sangat terjaga menjadikan tempat ini sangat nyaman sejak pertama kali datang.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu / Ist.

Dari pintu masuk menuju ke air terjun anda harus melewati tangga yang total keseluruhannya sekitar 2500 anak tangga. Tetapi sampai di lokasi Anda tidak akan menyesal karena Anda akan disuguhkan pemandangan yang asri dan benar-benar alami. Kebersihan disana sangat diperhatikan sehingga akan menambah kenyamanan anda dan keluarga ketika berlibur di sana. Sekaligus Anda dapat merasakan fantasi bertualang dihutan dan alam bebas. Karena disana terdapat berbagai wahana kegiatan alam yang bisa anda coba. Flying fox, arum jeram adalah sebagian dari wahana petualangan yang dapat anda nikmati untuk meningkatkan adrenalin anda.

Bagi Anda yang membawa buah hati anda kesana, anda tidak perlu hawatir dengan bebatuan yang licin dan bahaya batu jatuh karena disana terdapat kolam renang sekaligus wahana bermain yang dapat anda jadikan alternatif untuk menyenangkan anak-anak Anda. Selain kolam renang anak-ana terdapat pula kolam renang bagi orang dewasa, jadi anda tidak perlu hawatir jika ingin bersantai dan berenang. Karena sudah tersedia tempat khusus yang cukup tertutup bagi Anda yang membutuhkan privasi untuk berenang.

Selain wahana-wahana tambahan seperti di atas, anda tetap bisa menikmati keindahan air terjun yang dingin dan menyegarkan yang merupakan pesona utama dari Grojogan Sewu. Air terjun yang cukup tinggi dengan guyuran air yang deras dan menyegarkan ditambah tumpukan batu-batu besar disekitarnya membuat pemandangan menjadi lebih renyah untuk dinikmati.

Grojogan sewu menjadi tempat yang tepat jika Anda ingin menghabisskan waktu bersantai bersama keluarga. Meskipun letaknya di tengah hutan, tetapi fasilitas di sini cukup lengkap. Dari mulai kamar mandi, mushola, sampai tempat bersantai sehabis berjalan-jalan juga tersedia di sini. Dan lagi salah satu yang tidak ketinggalan adalah sate kelinci.

Seperti halnya di Telaga Sarangan, di sini pun sate kelinci menjadi menu khas dan yang wajib ada. Setiap lapak warung makan pasti menyediakan sate kelinci. Menikmati lembutnya sate kelinci bersama keluarga di bawah pohon rindang dengan suasana sejuk dan bersih pasti akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda yang takkan terlupakan. So, selamat mencoba.

Baca juga5 Tempat Wisata Murah di Bali yang Patut Dikunjungi

Comment di sini