Cara Aman Membersihkan Telinga Bayi

by
January 7th, 2014 at 11:04 am

CiriCara.com – Telinga bayi tetap harus dibersihkan agar sistem pendengarannya tidak terganggu. Jika kotoran di telinga bayi sudah menumpuk, maka segeralah dibersihkan. Buat jadwal untuk membersihkan telinga bayi secara periodik.

bersihkan telinga bayi

Membersihkan telinga bayi – Ist

Saat kotoran sudah menumpuk, antaran bunyi pada telinga si kecil bisa terganggu. Selain itu, kotoran yang menumpuk juga akan menjadi keras sehingga akan susah untuk dibersihkan. Karenanya, Anda harus secara rutin mengecek kebersihan telinga buah hati Anda.

Baca juga: Cara Agar Bayi Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan.

Meskipun demikian, membersihkan telinga bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Agar telinga bayi tidak terasa sakit atau bahkan terluka, sebaiknya Anda ketahui dulu cara membersihkan telinga bayi yang benar.

Berikut cara membersihkan telinga bayi dengan aman:

1. Menggunakan kain

Gunakan kain yang lembab yang halus untuk membersihkan bagian luar telinga dan lipatan telinga. Penggunaan kain lembab ini bertujuan agar kondisi telinga bayi tetap basah sehingga tidak terjadi iritasi.

Anda juga bisa menggunakan kain lembab yang telah direndam dengan air hangat. Kain lembab hangat ini sangat berguna untuk membersihkan telinga si kecil dari kotoran dan juga sel-sel kulit mati.

2. Pakai kapas pembersih

Kapas pembersih telinga (cotton bud) juga bisa digunakan untuk membersihkan telinga bayi. Namun, kapas ini sebaiknya digunakan hanya untuk membersihkan telinga bagian luar. Karena ditakutkan kapas akan tertinggal jika dimasukkan ke dalam lubang telinga.

Penggunaan kapas terlalu dalam juga bisa merusak gendang telinga. Cukup gunakan ujung kapas untuk membersihkan telinga bagian luarnya. Kapas bisa dibasahi dengan air hangat atau baby oil agar tidak iritasi.

3. Lihat suasana bayi

Beberapa bayi akan merasa tidak nyaman saat telinganya dibersihkan. Jika buah hati mulai berontak dan bertingkah, sebaiknya Anda berhenti membersihkan telinganya. Hal ini mencegah terjadinya cedera serius yang tidak disengaja. Anda bisa membersihkan telinga bayi jika dia sudah tenang atau sedang tidur.

Agar anak Anda tetap merasa nyaman, lakukan pembersihan telinga secara perlahan. Sesekali perhatikan ekspresi buah hati, agar Anda bisa tahu apakah dia merasa kesakitan atau tidak.

(YG)

Comment di sini