Cara Membuat Telur Mata Sapi yang Cantik

by
January 8th, 2014 at 4:51 pm

CiriCara.com – Telur mata sapi merupakan salah satu olahan dari telur ayam yang paling banyak disukai orang. Banyak orang memilih telur mata sapi karena cara membuatnya yang sederhana namun cepat matang.

telur mata sapi

Telut mata sapi – Ist

Meskipun terlihat mudah, menggoreng telur mata sapi tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena bisa saja bentuk telur mata sapi tersebut akan rusak dan bahkan ada juga yang belum matang di dalamnya. Harus bagaimana?

Saat membuat telur mata sapi, masalah yang paling banyak ditemui adalah telur lengket di wajan dan akhirnya susah dibalik. Inilah sebabnya membuat telur mata sapi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Baca juga: Cara Agar Telur Rebus Mudah Dikupas

Berikut ada beberapa panduan menggoreng telur mata sapi agar bentuknya bagus dan matang sempurna:

1. Pilih wajan untuk menggoreng

Untuk menggoreng telur, Anda sebaiknya memilih wajah besi. Agar telur tidak lengket saat digoreng, jangan lupa olesi wajan dengan mentega atau minyak secara merata. Pastikan minyak yang digunakan jumlahnya cukup.

2. Pecahkan telur

Setelah minyak pada wajan sudah panas, percahkan telur secara perlahan agar bentuk kuning telurnya tidak pecah. Setelah telur masuk ke dalam wajan, segera kecilkan api agar tidak gosong. Jika ragu-ragu, telur bisa dipecahkan terlebih dulu ke dalam mangkuk baru dimasukkan ke dalam wajan.

3. Goyangkan wajan

Agar bagian bawah telur tidak gosong, goyangkan wajan hingga telur bergerak-gerak. Jika sudah terlihat matang, segera balik telur agar kuning telur juga matang. Sebelum dibalik, Anda boleh menaburi garam secukupnya agar telur mata sapi terasa asin.

4. Angkat dan sajikan

Setelah matang, segera angkat telur mata sapi dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Telur mata sapi ini bisa dinikmati dengan tambahan saus sambal ataupun kecap. Anda juga bisa menggunakan telur mata sapi ini sebagai bahan membuat burger.

Tingkat kematangan telur mata sapi ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun untuk membunuh bakteri dan mencegah keracunan makanan, telur harus dimasak hingga suhu 60 derajat celcius. Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini