Cara Mencegah Kulit Kering Setelah Mandi

by
January 8th, 2014 at 11:12 am

CiriCara.com – Mandi adalah salah satu aktivitas yang wajib kita lakukan dua kali sehari agar kulit tubuh tetap sehat dan bersih. Sayangnya, cara mandi yang salah sering membuat kulit kurang lembab dan justru mengering.

Kulit kering setelah mandi

Kulit kering setelah mandi / Ist.

Kasus seperti ini sering terjadi karena cara mandi yang salah, penggunaan sabun dan alat mandi yang tidak tepat, serta seringnya handuk digosokkan ke kulit.

Untuk mencegah kekeringan pada kulit, ada beberapa langkah yang bsia Anda ambil seperti dilansir dari Wolipop berikut ini:

1. Pakai sabun cair

Menurut beberapa pakar, sabun memiliki sifat alkali yang bisa membuat kulit semakin kering. Karena itu, gantilah sabun yang biasa Anda pakai untuk mandi dengan sabun cair atau shower gel atau body wash yang mengandung pelembab.

Sabun cair ini mengandung pelembab yang tidak akan membuat kulit terasa kering. Selain itu, kulit akan terasa lebih segar dan lembab.

2. Perhatikan kualitas spons

Spons mandi yang biasa Anda gunakan juga harus diperhatikan. Spons yang baik tidak hanya berfungsi untuk mengusapkan sabun ke kulit namun juga mengangkat kulit mati serta melancarkan sirkulasi darah saat mandi.

3. Pijat lembut kulit Anda

Jangan menganggap mandi sebagai rutinitas yang harus dilakukan dua kali sehari saja. Namun, anggaplah mandi sebagai sebuah kegiatan untuk memanjakan dan merawat diri sendiri. Hal ini bisa Anda mulai dari saat memilih sabun cair. Pilihlah sabun dengan tekstur creamy. Saat mandi, jangan lupa pijat lembut kulit Anda.

4. Jangan memakai handuk untuk menggosok tubuh

Kebiasaan menggosok-gosokkan handuk ke kulit setelah mandi agar kulit cepat kering adalah sebuah kebiasaan yang salah. Kebiasaan itu bisa menghilangkan kelembabab dan merusak kulit. Karena itu, seusai mandi, cukup tepuk-tepukkan handuk ke kulit dan jangan menggosoknya.

5. Pakai pelembab

Jangan lupa untuk memakai krim atau lotion pelembab ke kulit tubuh Anda. Dengan pelembab ini maka kelembaban dan kehalusan kulit Anda akan terjaga sepanjang hari. Kandungan pelembab akan terserap lebih banyak oleh kulit Anda seusai mandi. (RN)

Comment di sini