Cara Menghadapi Anak Suka Berbohong

by
January 8th, 2014 at 3:13 pm

CiriCara.com – Anda tentu akan merasa kecewa saat mengetahui buah hati Anda ternyata suka berbohong. Padahal, Anda tidak pernah mengajarinya untuk berbuat demikian. Apa yang harus dilakukan? Apakah kebiasaan berbohong itu akan hilang seiring dengan bertambahnya usia?

anak berbohong

Anak Suka Bohong – Ist

Mempunyai anak yang suka berbohong tentu akan membuat orangtua menjadi resah. Apalagi jika kebiasaan itu tidak hilang hingga dia dewasa. Jelas ini menjadi suatu kekhawatiran tersendiri bagi para orangtua.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Anak Manja.

Sebagai orangtua, tentu Anda mengharapkan agar si kecil bisa menjadi orang yang jujur. Tapi, terkadang pengaruh dari teman-temannya juga bisa membuat si kecil jadi pembohong. Berikut ada beberapa cara untuk menghadapi anak yang suka berbohong.

1. Pelajaran moral

Cobalah untuk menasehati anak Anda bahwa berbohong itu tidak baik. Nasehat dari orangtua biasanya akan lebih mudah diterima ketimbang nasehat dari guru. Bekali anak dengan pelajaran moral dan juga pelajaran agama yang cukup.

2. Contoh yang baik

Masa anak-anak adalah masa meniru atau mencontoh. Anak akan dengan mudah menangkap sesuatu yang dilakukan orang di sekitarnya. Berikan contoh yang baik untuk anak Anda dengan selalu berkata jujur.

3. Awasi pergaulannya

Peran serta pengawasan orangtua sangatlah penting untuk kepribadian anak. Cobalah awasi anak Anda ketika dia sedang bermain bersama temannya. Jangan biarkan teman bermainnya itu membuat pengaruh buruk pada si kecil.

contoh anak nakal

Anak nakal – Ist

4. Alasan anak berbohong

Ketika mengetahui anak berbohong, Anda jangan langsung marah. Cari tahu alasan kenapa anak berbohong, apakah dia berbohong karena takut kena marah atau karena hal lainnya. Jika sudah tahu alasannya, barulah Anda boleh mengambil sikap.

5. Beri hukuman

Hukuman ini tidak harus dengan kekerasan. Anda bisa memberikan hukuman seperti melarangnya bermain, nonton TV, atau bermain game. Hukuman semacam itu sudah cukup untuk memberikan si kecil peringatan agar tidak berbohong lagi.

Terus berikan pengarahan yang baik pada anak Anda agar dia bisa menjadi generasi yang jujur. Semoga bermanfaat.

(YG)

Comment di sini