Cara Menghemat Pengeluaran di Tahun Baru

by
January 8th, 2014 at 12:01 pm

CiriCara.com – Setelah mengeluarkan dana yang cukup banyak di tahun lalu, kini saatnya Anda kembali menyusun rencana agar lebih hemat di tahun baru. Jangan biarkan Anda mengulangi kesalahan yang sama di tahun ini.

tips atur keuangan keluarga

Mengatur Keuangan – Ist

Anda tentunya berharap agar di tahun baru ini keuangan keluarga Anda bisa lebih hemat dibanding tahun lalu. Apalagi, saat ini sejumlah harga kebutuhan pokok makin meningkat. Apa yang harus dilakukan agar keuangan tetap hemat?

Perayaan tahun baru sering membuat kita lupa akan pentingnya mengatur rencana keuangan. Nah, bagi Anda yang tidak ingin menghadapi kondisi kesulitan keuangan di tahun baru, berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba agar lebih hemat kedepannya.

1. Introspeksi pengeluaran

Sekarang saatnya Anda melakukan introspeksi keuangan. Anda tidak boleh melakukan kesalahan yang sama seperti tahun lalu. Di tahun baru ini Anda harus bisa mengalokasikan uang dengan baik dan tepat.

2. Liburan hemat

Pengeluaran akan lebih boros karena ada perayaan pergantian tahun baru dan liburan. Agar hal ini tidak terjadi, cobalah untuk memilih tempat wisata yang murah. Anda bisa memilih tempat berlibur yang lokasinya dekat agar bisa hemat ongkos.

3. Tetapkan batas

Cobalah untuk menetapkan sebuah batas berapa banyak uang yang boleh dikeluarkan di tahun baru ini. Cara ini akan membantu Anda lebih disiplin dalam membelanjakan uang keluarga. Jadi, tidak akan ada uang yang terbuang sia-sia.

4. Perencanaan pengeluaran

Mumpung masih berada di awal tahun, cobalah untuk merancang pengeluaran yang kira-kira dibutuhkan. Mulai dari biaya sekolah anak, listrik per bulan, sampai biaya makan per bulan. Hal ini akan mendorong Anda untuk lebih hati-hati dalam membelanjakan uang.

5. Menabung

Cara yang paling ampuh agar bisa hemat tentu saja dengan menabung. Cobalah untuk menentukan berapa target jumlah tabungan di tahun baru ini. Usahakan untuk menetapkan target yang lebih tinggi dibanding tahun lalu.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk menghemat pengeluaran di tahun baru. Semoga bermanfat.

(YG)

Comment di sini