Ciri-ciri Orang Terkena Kolesterol Tinggi

by
January 8th, 2014 at 11:19 am

CiriCara.com – Makanan dan gaya hidup yang salah bisa membuat seseorang terkena kolesterol tinggi. Tubuh akan mengalami beberapa gejala yang terkadang menimbulkan efek rasa sakit di bagian tertentu. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu.

kolestero tinggi pada wanita

Kolesterol Tinggi – Ist

Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg. Tubuh akan masuk dalam kondisi berbahaya jika kadar kolesterolnya mencapai lebih dari 240 mg. Hal ini bisa menyebabkan si penderita terkena stroke.

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh Anda bisa melakukan tes di laboratorium. Dengan melakukan tes ini Anda bisa dengan mudah mengetahui berapa jumlah kolesterol dalam tubuh. Beberapa rumah sakit juga bisa melakukan tes kolesterol ini.

Selain hasil tes di laboratorium, orang yang mengalami kolesterol tinggi juga akan menunjukkan gejala-gejala khusus. Berikut ciri-ciri atau gejala orang yang sudah terkena kolesterol tinggi:

- Rasa sakit yang terjadi di bagian persendian.
- Sakit kepala berlebihan, termasuk migrain dan juga vertigo.
- Rasa pegal dan berat di area tengkuk dan juga pundak.
- Gampang mengantuk
- Mudah capek atau mudah lelah
- Sering mengalami kesemutan
- Kaki membengkak

Baca juga: Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Stroke.

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi sebenarnya tanpa asupan kolesterol dari luar pun, kebutuhan kolesterol dalam tubuh sudah terpenuhi. Karena 80 persen kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) sementara 20 persen sisanya dari makanan.

Jika Anda ingin terhindar dari kolesterol tinggi maka hindarilah makanan-makanan yang mengandung terlalu banyak lemak jenuh. Anda juga harus rajin berolahraga agar kondisi tubuh tetap fit dan bugar. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini