7 Cara Tepat Merawat Mobil

by
January 9th, 2014 at 2:38 pm

CiriCara.com – Perawatan mobil sangat penting jika ingin menjaga kendaraan Anda memiliki performa maksimal, berjalan dengan mulus dan beroperasi dengan aman dan efisien. Tips otomotif yang akan dibahas bukan berada pada kategori advance, melainkan “standar”.

Cara merawat mobil

Cara merawat mobil / Ist.

Namun poin-poin standar ini sering diremehkan oleh pengguna mobil, yang kemudian mengakibatkan menyebarnya masalah pada mobil dan membengkaknya biaya servis mobil. Berikut beberapa tips otomotif yang dapat membantu memastikan jadwal perawatan yang tepat dan kendaraan Anda dalam kondisi aman, khususnya apabila Anda akan melakukan perjalanan jauh.

1. Cairan sangat penting dalam perawatan mobil

Tersedianya cairan dalam jumlah tertentu sangat penting dalam perawatan mobil. Seperti contoh; setiap mobil masuk bengkel, mekanik akan selalu memeriksa oli mesin, oli transmisi, dan air AC mobil. Ganti oli dan menambahkan air AC mobil adalah perawatan rutin namun sangat signifikan bagi kesehatan mobil.

Quick facts: Oli mesin terbagi menjadi tiga jenis, yaitu mineral, full sintetik, dan semi sintetik. Sebenarnya bahan dasar ketiga jenis oli tersebut adalah minyak bumi. Namun full sintetik merupakan hasil dari pengolahan khusus minyak bumi yang dikembangkan agar bisa tahan lebih lama pada mesin mobil. Sementara mineral adalah murni minyak bumi, dan semi sintetik adalah gabungan keduanya.

2. Cek rem setidaknya sekali setahun

Ini adalah salah satu tips otomotif yang sering diabaikan oleh pengguna mobil. Umumnya pengguna mobil akan memeriksa rem setelah adanya suatu masalah. Cek rem mobil Anda minimal sekali setahun adalah satu hal kecil yang sangat penting dalam perawatan mobil Anda.

3. Tekanan udara ban mobil

Selain untuk kenyamanan berkendara, tekanan udara ban mobil berhubungan dengan keselamatan saat berkendara. Karena hal tersebut mempengaruhi kapan Anda menginjak rem dan kapan mobil akan berhenti sesuai yang Anda inginkan. Tekanan udara berbeda-beda tergantung pada model ban Anda, jadi pastikan Anda mengetahui tekanan udara ideal bagi ban mobil yang Anda miliki.

4. Kemudikan mobil dengan halus, hindari rem dan gas mendadak

Cara mengemudi yang benar bisa membantu Anda mengurangi ongkos servis bengkel mobil. Dan tips paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah lakukan akselerasi mobil secara bertahap, jangan secara spontan menginjak gas dalam-dalam. Dan juga hindari rem mendadak, kecuali disaat genting.

5. Rutin bersihkan mobil dari kotoran dan unsur garam

Mencuci mobil termasuk dalam tips otomotif penting, karena sebenarnya hal tersebut tidak hanya membuat ekterior mobil Anda terlihat bagus. Membersihkan kotoran dan unsur garam, seperti bekas air hujan, dapat mencegah karat dan kerusakan lain yang bisa menurunkan nilai mobil dan dampak pengoperasian kendaraan lainnya.

Baca jugaCara Agar Cat Mobil Tetap Berkilau

6. Wheel alignment atau spooring

Cara merawat mobil

Cara merawat mobil / Ist.

Untuk performa dan kenyamanan handling sebuah mobil, spooring wajib dimasukkan dalam list prioritas dalam perawatan mobil. Apabila hal ini kurang diperhatikan, akan memiliki dampak seperti ban mobil selip, aus, atau copot di tengah jalan. Tidak selarasnya ban mobil juga bisa mempengaruhi hal-hal lain yang  memiliki dampak pada tagihan service mobil membengkak.

7. Pelumasan memiliki dampak pada kinerja mobil

Selain oli mesin dan oli transmisi, terdapat beberapa komponen mobil lain yang membutuhkan minyak pelumas. Komponen mobil yang menimbulkan banyak gesekan atau panas saat mereka beroperasi, atau beberapa sendi dan bagian lain yang perlu pelumas secara kerkala untuk mencegah masalah lebih besar. Minyak pelumas lain yang Anda perlu perhatikan adalah oli gardan, minyak rem, dan oli power steering.

Quick facts:
-    Penggantian oli gardan dilakukan setelah mencapai jarak tempuh 20.000 km, sama seperti oli transmisi.
-    Minyak rem memiliki grade yang dinyatakan dalam DOT. DOT 3 untuk kendaraan harian, DOT 5 untuk racing.
-    Penggantian oli power steering dilakukan setelah mencapai jarak tempuh 25.000 km.

Comment di sini