7 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

by
January 9th, 2014 at 9:26 am

CiriCara.com – Makan saat hamil memang nggak bisa sembarangan. Kondisi dari masing-masing wanita hamil juga beda-beda, bisa makan ini, tidak bisa makan itu, boleh makan ini, tidak boleh makan itu. Tapi apapun dan bagaimanapun kondisinya, yang terpenting adalah bagaimana menjaga stamina sang ibu dan juga bayi yang dikandungnya tetap sehat hingga proses bersalin.

Makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil / Ist.

Berikut adalah makanan yang sehat dikonsumsi untuk wanita hamil dan si bayi dalam kandungan:

1. Telur

Siapa sih yang nggak tahu telur?. Tentu semua pernah makan yang satu ini, si oval. Alasan kenapa telur bermanfaat bagi wanita hamil karena ternyata telur mengandung banyak protein berkualitas yang bermanfaat bagi kehamilan. Selain itu, telur juga mengandung 12 vitamin dan mineral.

Telur juga kaya akan kolin yang membantu pertumbuhan bayi dan perkembangan otak serta mencegah cacat tabung syaraf. Beberapa mengandung omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak dan penglihatan si bayi. Namun juga harus diingat bahwa telur mengandung kolesterol, ada dua jenis kolesterol dalam telur, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Alangkah baiknya kalau mengonsumsi telur tidak lebih dari 4 butir sehari. Apapun yang berlebihan tentu tidak baik bukan?

2. Ikan Salmon

Ikan salmon sangat bagus untuk ibu hamil karena mengandung protein berkualitas tinggi dan omega-3 yang membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan. Akan tetapi dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan salmon lebih dari 12 ons dalam sehari. Meski ikan salmon sangat baik bagi pertumbuhan bayi dan kesehatan ibu, akan tetapi sama halnya dengan ikan lainnya, ikan salmon juga mengandung merkuri meski dalam jumlah rendah. Jadi hindari makan terlalu banyak untuk menghindari banyaknya jumlah merkuri yang terkonsumsi dan masuk dalam tubuh.

3. Kacang

Semua tahu bahwa protein sangat bermanfaat bagi ibu hamil, kacang-kacangan diantaranya, salah satunya adalah buncis. Selain kaya protein, kacang juga mengandung serat yang membantu memperlancar pencernaan. Pada saat hamil seringkali pencernaan menjadi lambat, dengan mengonsumsi kacang kaya serat anda akan terhindar dari sembelit atau wasir. Selain itu makanan yang kaya serat merupakan makanan bergizi dan juga merupakan sumber besi, folat, kalsium dan seng.

4. Sayuran

Sayuran sangat bagus untuk kesehatan, terumata sayuran berwarna hijau seperti bayam. Sayuran mengandung serat tinggi dan vitamin seperti A, C dan K. Sayuran juga membantu kesehatan mata.

5. Buah-buahan

Buahan-buahan sangat bervariasi, mlai dari yang berwarna hijau, merah, kuning, orange, putih dan lainnya. Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk bayi. Beberapa buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi antara lain pisang, apel, belimbing, leci, lengkeng, kelapa, kedondong, tomat, semangka, delima, pear, jeruk, pepaya, mangga, kurma, belewah, alpukat dan salak.

6. Daging Tanpa Lemak

Daging sangat bagus karena mengandung protein tinggi, namun harus tetap hati-hati dalam memilih daging untuk dikonsumsi. Terlebih lagi bila daging yang berwarna merah, akan sulit untuk mendapatkan daging bebas lemak.

7. Ubi Jalar

Makanan bagi ibu hamil

Makanan bagi ibu hamil / Ist.

Ubi jalar berwarna oranye memiliki karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Meskipun vitamin A yang terdapat dalam sumber-sumber hewani seperti hati, susu dan telur bisa berbahaya, lain halnya dengan karotenoid.

Zat ini hanya dikonvensi menjadi vitamin A bila diperlukan, sehingga tidak perlu membatasi mengonsumsi makan makanan yang mengandung vitamin A seperti sayuran dan buah-buahan. Ubi juga mengandung vitamin C, folat dan serat layaknya biji-bijian. Selain itu mudah didapat dan serbaguna.

Penting bagi ibu hamil untuk makan-makanan bergizi, selain untuk menjaga kesehatan sang ibu, juga untuk kesehatan bayi. Selamat mencoba!

Comment di sini