Beda Jokowi dengan Para Bakal Capres

by
January 9th, 2014 at 10:39 am

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi terus disebut-sebut sebagai calon presiden 2014. Nama Jokowi yang juga merupakan kader PDI Perjuangan ini terus melejit dalam survei sejumlah lembaga.

jokowi dalam berita

Jokowi – Ist

Direkrut Pol-Tracking Institute Hanta Yudha AR mengungkapkan bahwa Jokowi mempunyai perbedaan dengan bakal Capres, seperti Prabowo dan Wiranto. Menurut Hanta, Jokowi itu terkenal karena pemberitaan, sedangkan bakal Capres terkenal karena iklan.

“Yang membedakan Jokowi dengan tokoh-tokoh lama seperti Prabowo dan Wiranto adalah Jokowi dikenal melalui public relation, pemberitaan, sementara yang lain dengan iklan,” kata Hanta, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (9/1/2014).

Baca juga: Jokowi Raih Hasil Tinggi Dalam Survei Capres 2014.

Hanta menjelaskan bahwa pemberitaan terus-menerus membuat nama Jokowi kian dikenal. Masyarakat menganggap pemberitaan media lebih nyata dibandingkan dengan iklan yang dianggap hanya menjadi pencitraan politisi belaka.

“Masyarakat sekarang lebih mendapatkan informasi politik dari berita dibandingkan iklan,” ujar Hanta yang mengambil kesimpulan tersebut dari hasil survei.

Kepada para bakal Capres, Hanta pun menyarankan untuk merubah gaya politiknya. Pasalnya, kebanyakan masyarakat saat ini sudah tidak terlalu terprovokasi oleh iklan politik. “Bagaimana caranya agar mereka bisa diberitakan di media,” katanya.

Meskipun demikian, pihak PDI Perjuangan masih belum memberikan keputusan mengenai siapa calon presiden yang akan diusung pada Pemilu 2014 mendatang. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri juga kabarnya masih ingin jadi Capres.

Sementara itu, Jokowi sendiri juga mengaku tidak pernah berpikir untuk maju jadi Capres 2014. Pria yang juga pernah menjadi Wali Kota Solo ini mengungkapkan bahwa dirinya hanya ingin fokus mengurusi Jakarta.

(YG)

Comment di sini