Cara Menghemat Biaya Hidup Tanpa Sengsara

by
January 9th, 2014 at 11:26 am

CiriCara.com – Demi masa depan yang lebih baik kita tentunya harus mempersiapkan biaya masa depan mulai dari sekarang. Agar biaya masa depan bisa cepat terkumpul, maka kita harus bisa menghemat biaya hidup.

biaya hidup

Menghitung biaya hidup – Ist

Menghemat biaya hidup itu memang tidak mudah. Terkadang kita akan merasa sengsara karena harus melakukan sejumlah perubahan. Seperti, makan yang tadinya tiga kali karena harus menghemat berubah jadi satu kali.

Sebenarnya, menghemat biaya hidup tidak selamanya membuat kita jadi sengsara. Hanya saja, kita harus bisa memilih metode hemat apa yang paling tepat. Berikut adalah beberapa cara menghemat biaya hidup yang tidak menyengsarakan.

1. Makanan rumah

Anda bisa berhemat dengan membuat makanan sendiri. Pilih bahan makanan yang menyehatkan tapi murah. Anda bisa memilih menu vegetarian, seperti sayuran yang harganya memang lebih murah dibanding telur ataupun daging. Dengan demikian Anda bisa tetap makan 3 kali sehari.

2. Hemat energi

Gunakan bola lampu hemat listrik agar tidak boros. Gunakan alat-alat elektronik seperlunya, matikan lampu saat tidak digunakan. Saat ini, sudah banyak barang-barang elektronik yang mempunyai keunggulan hemat listrik. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

3. Transportasi otot

Orang suka lupa kalau kaki juga mode transportasi. Anda bisa menggunakan sepeda atau jalan kaki saat berangkat kerja, ke tempat kuliah, atau ke sekolah. Selain bisa menghemat biaya ongkos, cara ini juga akan membuat tubuh Anda jadi lebih sehat.

keuangan islami

Cara Mengelola Keuangan Keluarga – Ist

4. Komunikasi murah

Seringkali biaya pulsa handphone sering membuat pengeluaran jadi membengkak. Apalagi bagi Anda pengguna smartphone yang dilengkapi fasilitas internet. Untuk mengakalinya, pilih operator komunikasi yang murah tanpa menipu.

5. Hobi yang berguna

Hobi apa yang sering Anda lakukan saat akhir pekan? Cobalah untuk melakukan hal yang gratis namun tetap berguna. Misalnya, hobi menulis, Anda bisa mengikuti kompetisi atau lomba menulis. Siapa tahu nanti Anda bisa jadi penulis profesional.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghemat biaya hidup. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini