Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

by
January 9th, 2014 at 12:00 pm

CiriCara.com – Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab dari stroke dan juga serangan jantung. Karenanya, bagi Anda para penderita tekanan darah tinggi harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

darah tinggi

Darah tinggi – Ist

Pekerjaan yang berat, kurang berolahraga, dan makan makanan yang tidak sehat dapat memicu tekanan darah tinggi. Beberapa orang juga menderita tekanan darah tinggi karena faktor keturunan. Harus bagaimana?

Baca juga: Ciri Orang Terkena Penyakit Darah Tinggi.

Sebelum bertambah parah, sebaiknya Anda mengontrol tekanan darah Anda mulai dari sekarang. Jangan menunggu sampai terkena stroke ringan atau serangan jantung. Berikut ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Olahraga secara rutin

Walau hanya 1 minggu sekali, olahraga seperti joging dipercaya akan memberikan manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah tinggi. Joging juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan memperkuat jantung.

2. Pisang

Pisang merupakan makanan yang mengandung kalium cukup tinggi. Kalium ini dapat mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga tekanan darah bisa turun. Pisang juga bermanfaat untuk menambah energi pada tubuh.

3. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt secara rutin akan membantu memperkecil resiko terkanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena yoghurt mengandung banyak kalsium yang dapat menjaga kesehatan dan tekanan darah dalam tubuh.

darah tinggi hipertensi

Darah tinggi – Ist

4. Mengurangi garam

Agar tekanan darah tidak meningkat, sebaiknya hindari makanan junk food atau makanan yang mengandung banyak garam. Hal ini karena garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah pada arteri.

5. Tidak merokok

Selain bisa menyebabkan kanker, kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Nikotin yang terdapat pada rokok akan merangsang adrenalin secara belebihan. Adrenalin inilah yang membuat tekanan darah meningkat dan jantung bekerja lebih keras.

Tekanan darah normal berkisar antara 100-140 mmHg (saat sistolik) dan 60-90 mmHg (saat diastolik). Jika tekanan darah Anda melebihi 140/90 mmHg, itu artinya Anda terkena tekanan darah tinggi. Segera lakukan tindakan pencegahan sebelum terjadi kondisi yang lebih parah.

(YG)

Comment di sini