5 Alasan Kenapa Wajib Nonton Piala Dunia 2014 Brasil

by
January 10th, 2014 at 4:49 pm

CiriCara.com – Turnamen terbesar di dunia ini akan resmi dibuka pada 12 Juni 2014, tinggal 5 bulan lagi. Banyak pertanyaan dan ekspektasi muncul pada ajang ini, Seberapa besar kans Brasil sebagai tuan rumah? Bagaimana dengan juara bertahan Spanyol? Bagaimana persaingan Messi dan Ronaldo di ajang ini?

Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 / Ist.

1. Brasil akan membuka turnamen di Sao Paulo

Enam puluh empat tahun setelah Brasil terakhir kali menggelar Piala Dunia, kini fans Brasil bisa berteriak di samping Luiz Felipe Scolari sebagai tuan rumah. Dan performa perdana mereka akan digelar dalam ajang pembukaan pada 12 Juni melawan Kroasia.

Banyak bursa taruhan menjagokan Brasil meraih kemenangan pertama di kandang atas Kroasia, melihat tim yang mereka jamu berhasil lolos kualifikasi hanya karena mengalahkan Islandia di babak play-off.

Ekpektasi terhadap tim tuan rumah untuk merebut Piala Dunia yang keenam kalinya meningkat sejak Scolari bersama timnya berhasil merebut Piala Konfederasi dengan mengalahkan juara bertahan Piala Dunia Spanyol 3-0, Neymar mendapat banyak apresiasi karena penampilannya yang impresif pada laga tersebut.

Jajaran pemain timnas Brasil kemungkinan besar akan diisi oleh trio Chelsea Oscar, David Luiz dan Ramires. Ditambah gelandang Tottenham Hotspur Paulinho akan hadir melengkapi. Sementara wajah familiar akan mengisi line-up Kroasia, seperti Luca Modric, striker Everton Nikica Jelavic dan bek Southampton Dejan Lovren.

Peraihan terbaik Kroasia adalah menduduki posisi ketiga pada Piala Dunia 1998, dan mengalami penurunan sejak saat itu. Pertemuan terakhir kedua tim adalah pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2006 dimana Kaka melesakkan satu-satunya gol dalam pertandingan.

2. Juara bertahan masuk dalam grup “terberat”

Spanyol telah memenangkan 3 turnamen besar dan menuju Brasil dengan harapan menjadi tim Eropa pertama yang memenangkan Piala Dunia di tanah Amerika Selatan. Tetapi Vicente Del Bosque mengakui bahwa timnya masuk dalam salah satu grup “terberat” di Piala Dunia 2014.

Di babak penyisihan grup B, Spanyol harus menghadapi lawan mereka di babak 16 besar Piala Dunia 2010, Chile, serta lawan mereka di final, Belanda. Dan tugas Spanyol menjadi lebih berat disebabkan tekanan wajib meraih juara grup, karena fakta runner-up grup B kemungkinan akan menghadapi Brasil di babak 16 besar.

Baca jugaDaftar 32 Negara Peserta Piala Dunia 2014

3. Inggris masuk dalam “Hutan Amazon”

Inggris tidak berharap untuk mengunjungi Amazon selama mereka di Brasil, tetapi sayangnya mereka harus menjalani pertandingan pembuka melawan juara empat kali Italia di Manaus pada suhu 30 derajat celcius. Ditambah dengan komentar tidak menyenangkan Roy Hodgson yang mengatakan perjalanan ke utara “bukan hal yang ideal,” tim Inggris harus mempersiapkan diri menghadapi sambutan negatif di laga tersebut.

Inggris telah mempersiapkan diri untuk Piala Dunia 2014 di Brasil, dimana Hodgson mempelajarinya berdasarkan dua pertandingan di Amerika Serikat dengan kelembaban Miami. Tetapi dengan pengalaman tim satu grup mereka, Italia, yang lebih matang atas cuaca Brasil saat menjalani turnamen Piala Konfederasi di musim panas, Inggris akan lebih “berkeringat” dalam menjalani laga menuju juara.

4. Dewi Fortuna ada di pihak Perancis

Jika sistem drawing sama seperti tahun 2006, Perancis, sebagai tim yang lolos dengan peringkat terendah dari Eropa, akan ditempatkan ditempatkan dalam satu grup dengan salah satu tim unggulan dari Amerika Selatan. Namun format drawing berubah dan Itali yang akhirnya berada satu tim dengan Uruguay dan Inggris.

Perancis dengan keberuntungannya ditempatkan satu grup dengan Swiss, Ekuador dan Honduras serta memiliki kesempatan lolos lebih besar. Juara Piala Dunia 1998 ini terpuruk di posisi terbawah grup pada Piala Dunia terakhir. Namun di Brasil, Perancis memiliki kesempatan menjadi “kuda hitam.”

Piala Dunia 2014 digelar di Brasil

Piala Dunia 2014 digelar di Brasil / Ist.

5. Messi vs Ronaldo sama-sama buruk di piala dunia

Dengan lebih dari 300 gol untuk Barcelona, empat penghargaan Ballon d’or, enam gelar La Liga dan tiga gelar Liga Champions, nama Messi sudah tidak perlu diragukan dalam kancah sepakbola. Disampingnya, hadir Cristiano Ronaldo yang telah mendominasi Spanyol dan Eropa pada 4 musim terakhir.

Namun gelar Piala Dunia menghindari kedua nama besar tersebut saat mewakili negaranya, dan performa individual mereka tercatat buruk. Bisakah nama besar mereka disejajarkan dengan Maradona yang membawa Argentina meraih Piala Dunia 1986, atau Pele yang membawa Piala Dunia tiga kali untuk Brasil? Pada Piala Dunia 2014 ini ada secercah kemungkinan, melihat meningkatnya performa mereka saat bermain bersama negaranya.

Ronaldo menunjukkan sosok brilian bersama Portugal saat Euro 2012 dan berhasil meraih hat-trick saat melawan Swedia di babak play-off Piala Dunia 2014. Sementara Messi meraih hat-trick di laga International Friendly Match 2012 dan membawa Argentina menang 4-3 atas Brasil.

So guys, see you on the field at June!

Baca juga: Daftar Negara yang Sudah Lolos Piala Dunia 2014

Comment di sini