5 Kamera DSLR Pilihan Pemula

by
January 10th, 2014 at 9:06 am

CiriCara.com – Kebutuhan di bidang teknologi yang semakin hari semakin tinggi, membuat kita harus jeli untuk mengikuti arus perkembangan tersebut. Perkembangan kamera, saat ini sudah memasuki dunia Digital Single Lens Reflex yang akrab dengan DSLR.

Kamera DSLR untuk pemula

Kamera DSLR untuk pemula / Ist.

DSLR sendiri dikembangkan untuk pemula atau entry level hingga yang berfitur canggih. Hal tersebut dibuat untuk mempermudah penggunanya, klasifikasi feature akan sangat menentukan kegunaannya. Untuk para pemula, disarankan untuk memilih kamera DSLR pemula pula untuk hasil yang maksimal.

Meskipun namanya adalah kamera DSLR untuk pemula namun mempunyai banyak kelebihan dan tidak kalah bagus dengan kamera-kamera canggih berharga mahal. Kamera DSLR pemula dirancang dengan harga cukup murah disesuaikan dengan kantong pemula, meskipun begitu jika dikaji dari kualitas gambar, perbedaan antara kamera DSLR pemula dengan kamera canggih yang memiliki ukuran sensor gambar yang sama tidak berbeda atau tidak jauh bedanya.

Dalam hal ini, teknik fotografi dan kualitas lensa lebih menentukan kualitas gambar. Kamera pemula memiliki antarmuka desain yang lebih sederhana dan ilustratif, sedangkan kamera DSLR yang sudah canggih penulisan setting biasanya disingkat-singkat dan dilambangkan dengan simbol-simbol saja, sehingga pemula perlu lebih banyak mengingat/menghapal.

DSLR pemula juga memiliki lebih banyak fungsi AUTO-nya yang akan mencoba menyesuaikan setting kamera terbaik dengan subjek foto/pemandangan. Kamera pemula juga berukuran ringan dan praktis ketika dibawa.

Berikut ini adalah 5 Kamera DSLR paling top selama tahun 2013 kemarin:

1. Canon EOS 100D

Kamera tipe ini sejak diluncurkan April lalu, ternyata banyak diburu oleh entry level di Indonesia. Canon EOS 100D memiliki ukuran 116.8 x 90.7 x 69.4mm dan berat hanya 407g atau tidak sampai setengah kilogram. Spesifikasi sensor adalah 18MP APS-C Hybrid CMOS AF II yang dikombinasikan dengan prosesor DIGIC 5. DSLR ini juga mampu merekam video FULL HD dengan frame rate 30fps, 25fps atau 24fps.

ISO range yang ditawarkan EOS 100D adalah 100-12800 (expandable to H: 25600) untuk pengambilan foto dan ISO-6400 (expandable to H: 12800) untuk video. Layar LCD berjenis touch screen berukuran 3 inci dengan teknologi Clear View LCD yang memungkinkan kita menggunakan 2 jari untuk zoom atau mengubah gambar, serta mengaktifkan poin fokus dan melepas shutter saat shooting.

2. Canon EOS 700D

Canon EOS 700D sebagai kamera tingkat pemula menawarkan ketangguhan kinerja dasar secara penuh dan menjadi salah satu pilihan terbaik Kamera DSLR entry level dengan kualitas gambar yang tinggi. Monitor Vari-angle LCD Clear View II dengan kemampuan layar sentuh kapasitif yang bisa diputar 360 derajat desain Dial Mode dan Filter Kreatif akan memanjakan kreatifitas pengguna. EOS 700D dilengkapi dengan fitur AF yang bekerja cepat, akurat dan Auto Fokus berkesinambungan.

Saat membidik melalui viewfinder, EOS 700D telah meningkatkan autofocus hingga 9-point. AI Servo AF sistem mampu mempertahankan fokus secara konsisten dan handal. DSLR memiliki perluasan rentang ISO yaitu ISO 100-12800 (di-upgrade ke 25600 dalam mode H) yang memungkinkan shooting dalam situasi kurang cahaya tanpa bantuan flash. Canon EOS 700D memiliki tujuh macam filter kreatif yang dapat diubah-ubah sesuai dengan selera dan hasil efek visual berbeda dari setiap adegan tertentu.

Baca juga5 Merek Kamera Terbaik untuk Pemula

3. Nikon D5200

Nikon D5200 adalah kamera untuk pemula yang sangat menarik diurutan ketiga. DSLR ini menjanjikan gambar beresolusi tinggi dengan kualitas foto dan video yang baik. Cocok untuk pehobi serius yang ingin mengekplorasi foto maupun video. Dengan 39 AF Point, autofokus Nikon D5200 bisa bekerja dengan cepat dan akurat. Layar LCD berukuran 3 inci dengan resolusi 921.000 Pixel, D5200 lebih istimewa karena layarnya membawa konsep swivel.

Layar LCD pada D5200 yang dapat ditarik ke samping dapat diputar sangat fleksibel ke segala arah. Dalam sumbu vertikal bisa diputar hingga 2700. Fasilitas tersebut sangat membantu pengguna dalam bermain angle. Gambar dengan sudut-sudut pemotretan yang sulit dan unik bisa dikerjakan dengan mudah. Fitur tersebut makin menyenangkan saat dikombinasikan dengan teknologi Live View-nya yang bisa diaktifkan dengan cepat dengan tombol pengumpil baru yang ada di sebelah tombol mode pemotretan. Tombol tersebut ergonomis, pengoperasiannya pun halus dan nyaman.

4. Nikon D3200

Kamera Nikon D3200 adalah kamera DSLR yang merupakan salah satu kebanggaan Nikon juga, Kamera dengan resolusi lensa 24, 2 megapiksel dan layar LCD 3 inci akan membuat pengguna nyaman dan menghasilkan kualitas gambar yang prima. Kamera yang didesain dan dipasarkan untuk fotografer pemula dengan harga yang terjangkau hanya sekitar Rp. 5 jutaan sudah bisa menikmati beberapa fasilitas canggih yang ada didalam kamera ini.

Nikon D3200 memiliki fasilitas ISO 100 – 6400 yang akan membantu kita pada saat pemotretan pada kondisi kekurangan cahaya dan juga untuk meningkatkan kecepatan shutter untuk menangkap momen yang berlangsung cepat, ditambah lagi dengan adanya Kualitas Video Full HD yang memungkinkan kita untuk merekam video berkualitas Full HD dengan resolusi 1920 x 1080 piksel @30 fps.

Kamera DSLR pemula

Kamera DSLR pemula / Ist.

VR Image Stabilization juga terdapat pada kamera ini yang berfungsi menghasilkan gambar yang tajam serta meminimalisir gambar blur saat Anda melakukin zoom in atau zoom out. Anda juga bisa bebas memilih titik fokus karena terdapat 11 area titik fokus. Terdapat pula fasilitas shadow dan highlight yaitu Active D-Lighting. Uniknya lagi ditambah beberapa efek yang bisa dibuat seperti Standard, Neutral, Vivid, Monochrome, Portrait, dan Landscape.

5. SONY ALPHA A-57

Kamera Sony Alpha SLT-A57 memang bukan barang baru dari vendor Sony, karena kamera ini sudah rilis sejak awal tahun lalu. Tapi karena kapasitas dan harganya cukup laku di pasaran, membuat kamera ini masih sanggup bersaing dengan ketat melawan banyak produk kamera baru dari tahun 2013.

Kamera ini sudah mengusung ISO maksimal hingga 16000, dengan sensor canggih, sensor Exmor APS HD CMOS dengan resolusi 16 MP dan tidak ketinggalan BIONZ processor. Masih ditambah dengan tersedianya fitur Full HD Video dan Auto fokus yang tidak kalah dengan auto fokus yang hadir pada kamera terkini. Menariknya kamera ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 6 -7 jutaan saja, pas untuk entry level. Tidak heran bila kemudian kamera Sony Alpha SLT-A57 ini masih sanggup bersaing ketat dengan kamera baru di tahun ini.

Baca jugaLima Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula

Comment di sini