Cara Memilih Mainan Bayi yang Aman

by
January 10th, 2014 at 10:30 am

CiriCara.com – Apabila Anda ingin membelikan mainan bayi Anda atau sebagai hadiah untuk bayi teman atau keluarga yang berulang tahun, sangat penting memperhatikan mainan tersebut tidak berbahaya bagi mereka. Berikut beberapa cara yang bisa mempermudah kegiatan berbelanja mainan bayi Anda:

Mainan khusus bayi

Mainan khusus bayi / Ist.

1. Mainan untuk rentang usia panjang

Umumnya pertanyaan utama adalah mainan yang sesuai untuk bayi umur berapa? Tetapi Anda perlu ingat bahwa bayi memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Jadi sebaiknya Anda memilih mainan untuk rentang usia panjang, contoh pilih mainan bayi yang didesain untuk bayi antara umur 6 hingga 36 bulan.

Pilih puzzle balok dengan ukuran yang lebih besar dan singkirkan bagian-bagian puzzle yang kecil agar tidak tertelan oleh bayi saat merek mengisapnya.

2. Semakin besar semakin baik

Seperti yang telah dipaparkan di atas, bayi suka mengisap apapun yang ia pegang. Jadi mainan bayi dengan ukuran lebih besar akan lebih baik. Apabila hadiah itu boneka teddy bear atau bola empuk, pilih yang besar agar tidak bisa tertelan oleh bayi.

Perlu diperhatikan: pastikan boneka tersebut tidak diisi dengan bahan-bahan kecil yang bisa mengakibatkan tersedak atau bahan tertentu yang bisa mengakibatkan sesak nafas, jahitan sangat kuat sehingga tidak mudah robek, dan bisa dicuci dengan mesin cuci agar kuman dan kotoran dapat dengan mudah dibersihkan. Plus, jangan memilih mainan bayi yang memiliki tali lebih panjang dari 12 inci, karena resiko tali melilit di leher bayi.

3. Pilih yang bertenaga baterai daripada listrik

Apabila Anda ingin membelikan robot atau mobil-mobilan untuk bayi lelaki, pilih yang bebas listrik atau menggunakan baterai untuk menghindari resiko tersetrum. Perhatikan juga apakah penutup baterai cukup aman sehingga bayi Anda tidak bisa membuka dan menelan baterai.

4. Hindari mainan mengandung magnet

Magnet dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius jika tertelan. Jika magnet terhubung satu sama lain saat berada dalam usus, masalah serius seperti penyumbatan usus dan mungkin kematian dapat terjadi.

5. Hindari mainan yang bisa menembak

Mainan yang bisa menembakkan benda ke udara bisa mengakibatkan cedera mata serius dan juga bahaya tersedak. Jauhkan mainan semacam ini dari bayi maupun anak kecil yang memiliki adik bayi.

6. Perhatikan label mainan baik-baik

Cara memilih mainan bayi yang aman

Cara memilih mainan bayi yang aman / Ist,

Kebiasaan bayi memasukkan apapun ke mulutnya mewajibkan semua mainan bayi terbuat dari bahan yang tidak mengandung racun atau zat berbahaya lainnya. Perhatikan label atau kemasan mainan bayi yang akan Anda beli baik-baik. Pastikan mainan tersebut 100% “nontoxic.”

7. Mainan bayi hi-tech

Di era teknologi saat ini, semua kebingungan dan semua resiko mainan bayi di atas bisa diminimalisir dengan memberikan mereka PC tablet dan install berbagai game yang menyenangkan dan edukatif bagi bayi maupun balita Anda.

Untuk iPad, install game bayi seperti Baby Piano yang bisa melatih otak kanan sejak dini, I Hear Ewe atau Animal Sound Board yang bisa menunjukkan gambar dan mengeluarkan suara berbagai macam binatang.

Untuk tablet Android, install Baby Games yang bisa melatih koordinasi mata dan tangan bayi serta mempelajari berbagai macam benda dan binatang. Atau game lengkap Baby Explorer dimana bisa mempelajari angka, huruf, binatang, warna, bentuk, dan buah-buahan yang dilengkapi dengan suara. Serta masih banyak lagi aplikasi untuk bayi yang bisa Anda eksplor.

Jangan lupa tambahkan case dan aksesoris tablet PC tersebut yang memang dirancang khusus untuk bayi. Anda bisa mendapatkan case dan aksesoris yang Anda inginkan di ToysRus atau toko mainan sejenis.

Baca jugaCiriCara: Cara Memilih Mainan yang Tepat Untuk Anak

Comment di sini