Cara Mudah Membuat Telur Asin

by
January 10th, 2014 at 3:55 pm

CiriCara.com – Telur asin merupakan salah satu makanan khas dari Kota Brebes, Jawa Tengah. Meskipun demikian, penyebaran telur asin ini sudah sangat luas. Beberapa tempat makan pun menyediakan telur asin sebagai salah satu menunya.

telur asin brebes

Telur Asin – Ist

Sesuai dengan namanya, telur asin ini memang mempunyai rasa yang asin. Selain rasanya yang khas, telur asin ini juga mempunyai daya tahan yang lebih lama dibanding makanan dari olahan telur yang lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Telur Mata Sapi.

Proses pembuatan telur asin ini sebenarnya tidak begitu sulit. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya memang cukup lama. Berikut panduan cara membuat telur asin yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan:
- Telur bebek dengan kualitas terbaik
- Abu gosok 1 ½ liter
- Garam dapur ½ kg
- Larutan daun teh (jika diperlukan), 50 gram teh untuk per 3 liter air
- Air Bersih secukupnya

Cara membuat:
- Bersihkan telur bebek dari kotoran yang menempel. Cuci menggunakan air mengalir hingga bersih. Keringkan telur dengan menggunakan kain lap.
- Amplas secara perlahan seluruh permukaan telur bebek tadi. Tujuannya agar pori-pori pada telur tersebut bisa terbuka.
- Adonan pengasin: campur abu gosok dan garam dengan perbandingan 1:1, misal abu gosok 1 kg dan garam 1 kg. Jika tidak ada abu gosok bisa gunakan bubuk bata merah.
- Tuang sedikit air ke dalam campuran abu gosok, aduk hingga adonan berbentuk pasta.
- Bungkus telur dengan adonan pengasin tadi satu persatu sampai tertutup rata. Ketebalan adonan berkisar 1-2 mm. Lakukan cara ini sampai telur habis.
- Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik kurang lebih selama 15-20 hari. Pastikan tidak ada telur yang pecah. Simpan di tempat yang bersih dan terbuka.
- Setelah disimpan, bersihkan telur dari adonan pengasin kemudian rendam telur dalam larutan teh selama kurang lebih 8 hari.
- Setelah direndam, telur asin sudah bisa direbus dan siap untuk disantap.

Selamat mencoba! (YG)

Comment di sini