7 Cara Agar Tetap Cantik dan Sehat Saat Hamil

by
Views: 1

CiriCara.com – Memiliki momongan adalah harapan semua pasangan sebagai penerus keluarga dan nilai kesempurnaan bagi wanita untuk menjadi ibu serta bagi laki-laki untuk menjadi seorang ayah.

Persiapan selama masa kehamilan

Persiapan selama masa kehamilan / MSN

Kehadiran seorang anak sangatlah dinanti-nanti bagi semua orang tua di dunia ini dan sebagai anugrah Tuhan. Namun tidak semua pasangan memiliki anugerah terindah ini. Maka sepatutnya setiap pasangan merasa bersyukur memiliki momongan dengan menjaga kehamilannya sebaik mungkin. Karena siapa pun menginginkan anak yang sehat, cerdas, dan memberi arti bagi kedua orang tua serta keluarganya.

Persiapkan sedini mungkin agar sang bayi lahir dengan selamat, sehat serta sempurna. Tentulah semua itu membutuhkan ketelatenan serta kesabaran untuk memperhatikan kondisi si janin sejak dari kandungan hingga menjelang kelahiran.

Kesempurnaan sang bayi sangat dipengaruhi kondisi asupan gizi serta kesehatan psikologi sang Ibu. Maka tak ada salahnya bila sejak dari gadis, calon Ibu senantiasa memperhatikan asupan gizi serta pola hidup sehat yang dijalankan sehari-hari, dengan istilah investasi sehat di masa yang akan datang.

Berikut ini tips agar tetap cantik dan sehat walau sedang berbadan dua:

1. Selalu berpikiran positif

Penting halnya bagi calon Ibu senantiasa berpikiran positif, selain akan mempengaruhi kondisi psikologi sang Ibu juga akan berpengaruh terhadap perkembangan psikologi sang buah hati dalam kandungan. Jangan bersikap cemas berlebih (banyak pikiran).

Berpikirlah positif selalu sehingga akan meningkatkan energi untuk beraktifitas dan menimbulkan rasa bahagia dalam menyambut kedatangan sang bayi. Terciptanya kondisi ini sangat membutuhkan kerjasama dari pihak keluarga terutama Sang Suami dan Ibu agar dapat memberi dukungan baik moril maupun materiil.

2. Perhatikan asupan gizi saat hamil

Perbanyak pengetahuan tentang kebutuhan gizi disaat hamil selain konsultasi ke pihak tenaga media yang berkaitan(dokter atau bidan) juga tambah pengetahuan dari teman-teman sekitarnya dan media lainnya seperti media cetak, online serta diskusi terbuka tentang kesehatan Ibu dan Bayi (forum terbuka).

Hal ini sangat penting mengingat kesehatan dan perkembangan si buah hati sangat ditentukan oleh asupan gizi selama hamil. Kelebihan gizi pun berakibat tidak baik bagi kesehatan baik untuk si Ibu maupun janin yang dikandungnya. Apalagi kekurangan yang berakibat fatal bagi kesehatan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan.

3. Terapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat sangatlah penting untuk menjamin kesehatan Ibu dan anak. walau berbadan dua tetap harus rajin berolahraga, minimal jalan sehat agar kandungan lancar. Hindari berolahraga yang berat karena membahayakan janin (bisa keguguran.

Olahraga yoga pun sangat bermanfaat untuk mengendalikan emosi serta mengatur pernafasan yang baik pada saat bersalin nanti. Konsumsi makanan yang alami, tidak mengandung pengawet dan lebih baik masakan buatan sendiri. Telah kita ketahui untuk beberapa senyawa tertentu seperti pemanis buatan, pengawet dan bahan kimia lainnya berefek buruk bagi kesehatan baik si Ibu maunpun untuk bayi yang sedang dikandung.

4. Hindari konsumsi minuman berakohol dan merokok

Minum minuman beralkohol dan merokok dapat menyebabkan kematian bagi janin dalam kandungan. Tentunya kita mengharapkan buah hati lahir dengan sehat dan sempurna. Kita pun sudah mahfum, bila minuman berakohol dan rokok sangat berbahaya bagai kesehatan dan keselamatan janin dalam kandungan.

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengkonsumsi minuman berakohol dan rokok (karena kecanduan) harus memiliki tekad kuat agar bisa mengandung buah hati dengan selamat dan sehat. Dengan adanya tekad ini setidakny akan membawa perubahan gaya hidup anda agar lebih sehat, alami dan mendukung untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

Baca jugaCiriCara: Cara Tampil Modis Saat Hamil

5. Awasi gaya hidup

ibu mengandung

Ibu hamil – Ist

Hindari juga lingkungan yang berpengaruh buruk bagi kesehatan bayi dalam kandungan, seperti tempat-tempat clubbing, lingkungan kotor yang sarat dengan kuman-kuman penyakit serta tempat lainnya yang dirasa akan membawa efek buruk bagi kesehatan janin dalam kandungan. Alangkah baiknya, sering mengunjungi tempat-tempat yang bisa menimbulkan inspirasi dan menambah semangat, seperti Taman Bunga, tempat saudara dan tempat hiburan lainnya yang hyginies serta mendidik.

6. Beraktivitas dengan positif

Isi waktu luang anda dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif, tidak hanya dihabiskan dengan perbanyak tidur saja. Kegiatan itu diantaranya: menyulam, menulis, mengikuti seminar-seminar ibu dan bayi serta kegiatan lainnya. Kegiatan ini bernilai positif untuk melatih si kecil sejak dalam kandungan.

Banyaknya kegiatan positif ini berguna untuk mengalihkan pikiran agar tenang dan senantiasa berpikiran positif. Karena bila tidak banyak digunakan, dikhawatirkan sang Ibu jadi terbeban oleh pikiran-pikiran yang seharusnya tidak menjadi bahan pemikiran.

7. Perbanyak doa serta ibadah

Doa dan ibadah berguna untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Dengan mendekatkan diri pada Sang Pencipta, Anda pun akan memiliki semangat baru. Menyadari Anda sebagai Ibu dengan anugerah bisa melahirkan keturunan akan menimbulkan kecintaan Anda pada buah hati dalam kandungan.

Selain itu kegiatan keagamaan ini akan mendidik sang buah hati sejak dalam kandungan agar kelak menjadi Hamba Tuhan yang taat ibadah.

Kesadaran bahwa anugerah menjadi Ibu sangatlah tak ternilai akan membangkitkan semangat Anda untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bayi Anda dalam kandungan.

Ketujuh tips ini diharapkan akan menambah wawasan Anda sebagai calon Ibu agar bisa menjaga kandungan baik serta proses bersalin pun berjalan dengan lancar. Pada akhirnya Anda pun akan selalu mengucapkan kalimat indah pada buah hati anda: Selamat Datang Malaikat Kecilku!


comments powered by Disqus