Cara Jitu Memulai Usaha yang Sukses

by
January 13th, 2014 at 3:17 pm

CiriCara.com – Untuk memenuhi kebutuhan hidup tentunya kita akan mencari penghasilan dengan cara bekerja. Tapi, ada juga orang yang justru memilih untuk membuka usaha sendiri ketimbang bekerja untuk orang lain. Apakah Anda termasuk calon pengusaha?

cara memulai usaha yang benar

Memulai Usaha – Ist

Membuka usaha sendiri tidak harus dimulai dengan hal yang besar. Anda bisa kok membuka warung makan kecil-kecilan atau jenis usaha lainnya. Semua itu ditentukan sesuai dengan kemampuan Anda masing-masing.

Selain memilih jenis usaha sesuai dengan kemampuan, Anda juga harus tahu cara memulai usaha dengan tepat agar bisa berjalan lancar. Berikut ada beberapa penjelasan mengenai cara jitu membuka usaha sukses.

1. Waktu yang tepat

Pilih waktu yang tepat dan sesuai dengan jenis usaha Anda. Misalnya, momen Pemilu 2014 nanti bisa menjadi peluang besar untuk Anda yang ingin membuka usaha foto copy, percetakan, maupun sablon. Dengan demikian, usaha Anda bisa mendapat order banyak.

2. Pilih tempat strategis

Sebelum membuka usaha, Anda sebaiknya melakukan survei tempat terlebih dahulu. Pilih tempat yang ramai dilalui orang. Hal ini bertujuan agar usaha Anda bisa cepat dikenal oleh warga sekitar dan bisa cepat mendapat pelanggan.

3. Pilih merek yang tepat

Agar mudah diingat, pilih nama merek yang sederhana namun unik. Pemilihan nama merek atau tempat usaha ini akan memberikan daya tarik tersendiri kepada para pelanggan. Tentunya, Anda juga harus memberikan pelayanan yang baik agar pelanggan tidak kapok.

wanita sukses

Pengusaha sukses – Ist

4. Harga promosi

Sebagai tahap pengenalan, Anda bisa memberikan harga promosi kepada para pelanggan. Namun, dalam menentukan harga promosi ini Anda harus jeli dalam menghitungnya agar usaha Anda tidak merugi.

5. Pilih pekerja yang baik

Anda harus teliti dalam memilih calon pekerja. Cari pekerja yang benar-benar baik dan tahu bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik. Awasi terus kinerja anak buah Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cara Sukses Berwirausaha.

Saat memilih jenis usaha, sebaiknya disesuaikan dengan jumlah modal dan juga kemampuan Anda. Hindari meminjam uang untuk modal usaha yang masih belum jelas omsetnya atau jumlah keuntungannya. Tujuannya agar Anda tidak terlilit utang.

(YG)

Comment di sini