Cara Memilih Jas Hujan yang Berkualitas

by
January 13th, 2014 at 11:10 am

CiriCara.com – Musim hujan hampir mencapai puncaknya pada bulan Januari 2014 ini seiring dengan meningkatnya intensitas hujan dalam beberapa terakhir. Kedatangan hujan ini juga tidak bisa diprediksi karena bisa datang sewaktu-waktu.

Memilih jas hujan

Memilih jas hujan / Ist.

Bagi Anda para pengendara motor, untuk mengantisipasi kedatangan hujan yang tidak terduga ini, Anda bisa menyiapkan jas hujan di bagasi motor Anda.

Namun tentu saja dalam memilih jas hujan, Anda tidak bisa sembarangan. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan agar Anda mendapat jas hujan yang berkualitas.

1. Model jas hujan

Tips pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih jas hujan adalah modelnya. Usahakan model jas hujan yang Anda pilih adalah model jas hujan setelan berupa atasan dan celana.

Hindari memilih jas hujan model ponco karena akan sangat berbahaya jika Anda memakainya saat mengendarai sepeda motor. Model jas hujan ponco juga tidak akan berfungsi efektif karena air hujan rentan merembes ke dalam saat terkena angin.

Selain itum jangan memilih jas hujan yang dijahit, karena air hujan masih bisa merembes lewat jahitan pada jas hujan. Pilihlah jas hujan dengan model pres karena lebih aman dari rembesan air saat dipakai berkendara.

2. Bahan jas hujan

Pilihlan jas hujan berbahan kedap air. Jas hujan kedap air biasanya memakai bahan PVC. Jas hujan berbahan plastik atau parasut akan dengan mudah dimasuki air dan tidak terlalu efektif ketika dipakai.

3. Warna jas hujan

Untuk masalah warna, jangan memilih jas hujan warna gelap. Pilih jas hujan berwarna terang seperti kuning, oranye, hijau menyala, dan lainnya. Jas hujan dengan warna terang akan lebih mudah terlihat oleh pengendara lain saat hujan deras melanda.

4. Resleting harus kuat

Jika model jas hujan yang Anda pilih memiliki resleting, pastikan resletingnya kuat. Resleting dari bahan besi atau plastik biasanya cepat rusak saat ditarik cepat berulang-ulang. Pilihlah resleting dari bahan tembaga dan kuningan yang daya tahannya lebih lama.

Itulah keempat cara mudah yang bisa dipraktikkan saat memilih jas hujan. Jika Anda memperhatikan keempat detail tersebut saat memilih jas hujan, maka Anda akan mendapat jas hujan yang berkualitas. (RN)

Comment di sini