Ahok Sesalkan Korban Banjir Tolak Evakuasi

by
January 15th, 2014 at 1:00 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Banjir yang melanda Jakarta sejak Senin (13/1/2014) kemarin mengakibatkan sejumlah rumah warga terendam. Meskipun demikian, masih ada saja warga yang menolak untuk dievakuasi dari rumahnya.

basuki tjahaja purnama

Ahok – Ist

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun menyesalkan sikap warga yang menolak upaya evakuasi dari Badan SAR Nasional (Basarnas). Pasalnya, tidak semua bantuan untuk korban banjir bisa langsung diantar ke rumah masing-masing.

“Kalau mau kita anterin makan itu yang repot. Tapi mereka maunya begitu, kita bukan jasa antar makanan,” kata pria yang akrab disapa Ahok itu di Balai Kota DKI Jakarta, seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (15/1/2014).

Baca juga: Daftar Lokasi di Jakarta yang Kebanjiran.

Ahok mengakui bahwa penolakan evakuasi ini memang sering terjadi. Umumnya, warga mengaku merasa lebih nyaman di rumah sendiri. Mereka bertahan di lantai dua rumahnya yang tidak terendam banjir.

“Umumnya merasa pasti masih bisa bertahan. Karena rumah sendiri itu lebih nyaman kan,” kata Ahok.

Meskipun demikian, Ahok tetap mengimbau agar para korban banjir segera mengungsi ke tempat yang sudah disediakan. Pasalnya, hujan belum mencapai puncaknya sehingga resiko datang banjir yang lebih besar itu masih ada.

Evakuasi tersebut sebenarnya dilakukan untuk keamanan para korban banjir sendiri. Berdasarkan standar penanggulangan bencana, evakuasi harus segera dilakukan agar tidak ada korban dalam bencana banjir tersebut.

Seperti diketahui, banjir kembali melanda Jakarta sejak Senin (13/1/2014). Sejumlah akses jalan terputus oleh genangan air dengan ketinggian mencapai lebih dari 1 meter. Arus lalu lintas pun sempat dialihkan ke jalan tol.

(YG)

Comment di sini