Cara Agar Terhindar Dari Investasi Bodong

by
January 15th, 2014 at 11:26 am

CiriCara.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pengawas pasar modal dan investasi mengimbau agar masyarakat tidak mudah tergiur dengan investasi bodong. Masyarakat diharapkan bisa lebih cerdas dalam memilih tempat investasi.

cara investasi aman

Investasi – Ist

Selain melakukan pengawasan, OJK juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak tertipu saat melakukan investasi. Mengingat sudah banyak masyarakat Indonesia yang mengaku menjadi korban dari investasi bodong.

Baca juga: Ciri-ciri Penipuan Investasi Emas.

Untuk meminimalisir aksi penipuan melalui invetasi bodong, OJK pun mengimbau masyarakat lebih waspada. Berikut ada beberapa cara agar Anda tidak tertipu oleh investasi bodong seperti yang dijelaskan pihak OJK.

1. Lebih teliti

Saat melakukan investasi, masyarakat harus mengetahui secara jelas dan detail dengan siapa dia berhubungan. Anda harus teliti apakah investasi tersebut ada yang mengawasi atau tidak. Jika tidak ada surat izin resmi, lebih baik urungkan niat Anda untuk berinvestasi.

2. Jangan mudah percaya

Anda tidak boleh percaya begitu saja dengan iklan atau brosur investasi yang menawarkan keuntungan yang tinggi. Cari informasi investasi yang sudah terpercaya. Anda bisa langsung bertanya ke pihak OJK agar lebih jelas.

3. Tokoh terkenal

Beberapa investasi sering mencatut nama-nama dari tokoh terkenal di Indonesia. Meskipun demikian, Anda tetap harus waspada. Karena hal ini mungkin hanya merupakan kedok saja untuk menarik investor.

4. Minta data lengkap

Selalu minta data lengkap perusahaan investasi yang akan Anda pilih. Cek apakah perusahaan tersebut sudah mendapat izin dari otoritas yang sah atau tidak. Pastikan perusahaan mempunyai lembaga yang menjamin investasi Anda.

5. Lapor ke otoritas terkait

Setiap kali menemui perusahaan investasi yang mencurigakan, segera laporkan ke otoritas terkait agar bisa diselidiki. Jangan sampai investasi Anda dibawa kabur oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Cara Aman Berinvestasi Emas.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tidak tertipu saat melakukan investasi. Pilih perusahaan investasi yang benar-benar sudah terjamin kebenarannya.

(YG)

Comment di sini