Cara Diet Sehat Bagi Penderita Maag

by
January 15th, 2014 at 2:17 pm

Ciricara.com – Menjalankan program diet bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda merupakan penderita maag. Sebagai penderita maag, Anda tentunya harus makan makanan secara tertarur. Lalu, bagaimana cara diet agar penyakit maag tidak kambuh?

cara sukses diet

Cara diet sukses – Ist

Merubah pola makan untuk menjalankan program diet tentu bisa memicu sakit maag. Jadwal makan yang tidak beraturan juga menyebabkan lambung sulit untuk beradaptasi. Karenanya, penderita maag akan sulit menjalankan program diet.

Baca juga: Cara Sehat Puasa Bagi Penderita Maag.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya masih ada cara diet lainnya yang bisa diterapkan agar tidak menyebabkan sakit maag kambuh. Berikut cara diet sehat untuk penderita maag.

1. Kurangi porsi makan

Sebagai penderita maag, Anda tentu diharuskan makan secara teratur. Agar maag tidak kambuh saat diet, makanlah dalam porsi kecil setiap 3 jam sekali. Perbanyak makan sayuran agar program diet bisa berjalan sukses.

2. Lakukan secara bertahap

Agar lambung bisa beradaptasi dengan baik, lakukan program diet secara bertahap. Jika sakit maag kambuh, segera hentikan program diet. Saat kondisi lambung sudah kembali baik, lanjutkan lagi program diet Anda. Lakukan cara ini hingga lambung terbiasa.

3. Minum air putih

Tidak hanya untuk menghilangkan rasa haus, air putih ini juga bermanfaat untuk program diet. Bagi penderita maag, air putih ini juga bisa menjadi obat pertama saat kondisi perut sedang kosong. Karena air putih ini akan menimbulkan rasa kenyang meski belum makan.

tetap langsing

Tetap langsing – Ist

4. Olahraga rutin

Program diet yang paling ampuh itu adalah olahraga secara rutin. Bagi penderita maag bisa tetap menkonsumsi makanan seperti biasanya. Namun agar program diet bisa sukses, Anda harus berolahraga lebih keras untuk membakar lemak dari makanan yang sudah dimakan.

5. Kurangi pemicu maag

Saat menjalani program diet, hindari makanan yang bisa merangsang asam lambung naik. Hindari memakan durian, keju, makanan terlalu pedas, dan juga minum kopi. Hal ini supaya penyakit maag Anda tidak kambuh.

Baca juga: Cara Diet OCD ala Deddy Corbuzier.

Agar program diet Anda bisa berjalan sukses, lakukan olahraga rutin untuk membakar lemak dalam tubuh. Jika penyakit maag kambuh dengan rasa sakit yang tidak tertahankan, segera periksakan diri ke dokter.

(YG)

Comment di sini