Cara Mengatasi Kebiasaan Mengantuk yang Parah

by
January 15th, 2014 at 3:15 pm

CiriCara.com – Mengantuk memang wajar jika Anda sudah benar-benar lelah dan berniat untuk tidur. Tetapi jika kebiasaan mengantuk terjadi berulang kali bahkan sepanjang hari, maka Anda perlu waspada.

Cara mengatasi kantuk berlebihan

Cara mengatasi kantuk berlebihan / Ist.

Kebiasaan mengantuk yang berlebihan bisa mengacaukan hidup Anda termasuk karir serta reputasi Anda dalam berbagai hal. Mengantuk yang berlebihan seperti ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurang tidur, makanan kurang bergizi, makan terlalu banyak, dan juga sakit.

Untuk mengatasinya kebiasaan mengantuk yang menjengkelkan, cobalah beberapa cara berikut ini:

1. Cuci muka

Cara umum pertama yang bisa dipraktikkan untuk menghilangkan rasa kantuk adalah pergi ke kamar mandi dan mencuci muka. Cara lama ini cukup efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang datang tiba-tiba.

2. Gosok gigi

Jika mencuci muka masih kurang, maka gosoklah gigi Anda. Dengan cara ini maka gigi, mulut, serta nafas akan terasa kembali segar dan rasa kantukpun hilang.

3. Tarik nafas dalam-dalam

Cara lainnya yang bisa Anda praktikkan adalah menarik nafas dalam-dalam lewat hidung lalu keluarkan lewat mulut. Lakukan hal ini sebanyak dua atau tiga kali saat Anda benar-benar merasa mengantuk.

4. Pijat leher bagian belakang

Selain itu, Anda juga bisa memijat leher bagian belakang atau bagian tengkuk secara perlahan agar rasa kantuk hulang.

5. Bergerak

Jika Anda sedang berada di kantor atau luar rumah, cobalah berjalan-jalan di tempat dimana Anda sedang berada. Dengan cara ini, rasa kantuk minimal akan berkurang.

Apabila kantuk masih menyerang, maka gosok-gosokkanlah kedua telapak tangan Anda sampai hangat lalu tempelkan pada kedua kelopak mata Anda.

Cara mengatasi rasa kantuk

Cara mengatasi rasa kantuk / Ist.

Kelima cara di atas bisa dicoba sendiri saat Anda merasa sangat mengantuk. Selain melakukan langkh-langkah mudah di atas, perbaki juga gaya hidup Anda.

Misalnya, jika Anda suka begadang pada malam harinya, kurangilah kebiasaan tersebut. Begadang di malam hari memang menggerus jam tidur dan menyebabkan rasa kantuk pada esok harinya saat Anda sedang beraktivitas.

Selain itu aturlah pola makan Anda. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan sehingga kebutuhan gizi Anda tercukupi. Jangan lupa untuk selalu berolahraga secara rutin setiap pagi. (RN)

Comment di sini