Kelebihan dan Kekurangan Mobil LCGC

by
January 15th, 2014 at 9:45 am

CiriCara.com – Mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) memang tengah diburu oleh mereka yang ingin memiliki mobil baru namun dengan harga yang cukup terjangkau. Selain menjadi kampanye untuk kendaraan ramah lingkungan, LCGC juga menyasar target kalangan menengah yang biasanya menggunakan kendaraan roda dua.

Daihatsu Ayla, mobil LCGC

Daihatsu Ayla, mobil LCGC / Republika

Sudah ada beberapa jenis dan tipe mobil murah dari beberapa merk ternama, mobil-mobil tersebut juga sudah memenuhi kriteria sebagai LCGC karena harganya yang berada di kisaran 100 jutaan rupiah dan juga emisi gas buangnya yang ramah lingkungan.

Namun sama halnya jika Anda ingin membeli mobil pada umunya, tentunya ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, khususnya keunggulan dan kekurangan dari mobil LCGC yang akan anda beli tersebut. ingin tahu apa saja kelebihan dan hal minus mobil LCGC, simak ulasan berikut.

Kelebihan dan keunggulan LCGC

  1. Harga. Mobil LCGC harus di banderol dengan harga murah di kisaran 100 jutaan rupiah. Tentunya faktor harga yang murah menjadi keunggulan dari mobil jenis ini dibandingakan jenis mobil lainnya yang Non-LCGC seperti MPV, SUV atau City Car. Saat ini ada banyak jenis mobil LCGC yang dibanderol dengan harga murah, bahkan jika Anda beruntung Anda akan mendapatkan mobil di bawah harga 100 juta.
  2. Irit bahan bakar. Faktor keiritan dalam mengkonsumsi bahan bakar juga harus dipenuhi oleh mobil yang berpredikat LCGC. Konsumsi bahan bakar untuk mobil LCGC berada di kisaran 1:20 atau satu liter bensin bisa dipakai untuk jarak tempuh sekitar 20 kilometer. Dengan begitu kita juga dapat menghemat biaya pengeluaran untuk bensin dan juga menghemat waktu karena tidak harus sering-sering mengantri di pom bensin
  3. Ramah lingkungan. Selain kedua hal diatas, mobil LCGC haruslah lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan mobil Non-LCGC. Standar emisi Euro 3 ditetapkan pada mobil jenis ini dan para konsumennya pun turut berkontribusi dalam meminimalisir pemanasan global.
  4. Ukuran. Karena bentuk bodynya yang lebih kecil, hal ini akan mempermudah pengemudi untuk mengendarainya dan tak perlu takut mobil akan terbentur atau bersentuhan dengan kendaraan lain di sekitarnya. Mengemudikan mobil LCGC tentu terasa lebih mudah dan nyaman dibandingkan mengendarai mobil yang berukuran lebih besar.

Baca jugaHarga Resmi Daihatsu Ayla dan Toyota Agya

Kekurangan dan kelemahan LCGC

Daihatsu Ayla / Kapanlagi

Daihatsu Ayla / Kapanlagi

  1. Tenaga. Sebagian besar mobil-mobil LCGC memiliki power yang rendah karena hanya dibekali dengan mesin berkapasitas antara 1000 hingga 1200cc. Tentunya kapasitas tersebut tergolong kecil dan tenaga atau power yang dihasilkan oleh mobil LCGC tergolong rendah bila dibandingkan dengan mobil jenis lain.
  2. Kapasitas. Mobil LCGC hanya dibuat dengan daya tampung maksimal 5 orang saja (1 supir dan 4 penumpang). Tentunya hal tersebut berlaku jika dipaksakan dan bentuk tubuh para penumpangnya juga tidak big size. Belum lagi dengan barang-barang berat di bagasi tentunya akan mempengaruhi akselerasi mobil ini.
  3. Bobot mobil. Mobil LCGC biasanya berbobot ringan. Hal ini bisa membuat mobil akan terasa oleng bila dikendarai dengan kecepatan tinggi atau saat sedang berpapasan dengan kendaraan besar seperti bus maupun truk. Karena itu, mobil LCGC memang lebih cocok digunakan untuk jalan santai saja dan tak perlu terlalu sering dipakai untuk ngebut.
  4. Fitur keselamatan. Tak seperti mobil-mobil pada umumnya, keberadaan fitur keselamatan pada mobil LCGC bukanlah suatu keharusan. Jangan heran bila mobil jenis ini tidak banyak yang dilengkapi oleh fitur safety seperti airbag ataupun sistem pengereman ABS.

Baca juga: Kekurangan dan Kelebihan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Comment di sini