Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Manado

by
January 16th, 2014 at 9:52 am

Manado (CiriCara.com) – Hujan deras yang menerjang kawasan Kota Manado dan sekitarnya menyebabkan wilayah itu diterjang banjir bandang, kemarin, Rabu, 15 Januari 2014.

Banjir di Manado

Banjir di Manado / Tribunnews

Ratusan rumah yang berada di kawasan kota itu terendam hujan hingga ketinggian 2,5 meter. Banjir tersebut secara otomatis telah melumpuhkan sektor kehidupan di kota Manado.

Menurut keterangan dari warga di kawasan kota, banjir yang datang pada tahun ini merupakan banjir yang terparah yang tidak pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Banjir bandang dilaporkan datang tiba-tiba sekitar pukul 08.00 pagi WITA, sehingga banyak dari warga yang sama sekali tidak bisa menyelamatkan harta bendanya kecuali pakaian yang mereka pakai.

Pasca banjir, hingga pagi ini, Kamis, 16 Januari 2013, tercatat 13 orang tewas akibat banjir sedangkan 40 ribu lebih para warga diungsikan dari area rumah mereka yang terendam banjir bandang.

Banjir untuk tahun ini terjadi tidak hanya di Kota Manado namun area di sekitarnya seperti Minahasa Utara, Kota Tomohon, Minahasa, Minahasa Selatan, dan Kepulauan Sangihe.

Dilansir dari Kompas.com, banjir ini dipicu oleh hujan deras tanpa henti yang disebabkan oleh sistem tekanan rendah di perairan selatan Filipina. Akibatnya, 4 sungai besar yang mengelilingi Manado melupa dan menyebabkan banjir bandang.

Bantuan dari pusat termasuk bantuan dari Kementerian Sosial dilaporkan sudah disalurkan ke daerah pengungsian para korban banjir. Menurut keterangan dari Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri, bantuan terhadap korban bencana alam sudah didistribusikan dan diperkirakan cukup untuk dua pekan. (RN)

Comment di sini