Cara Aman Terhindar dari Pencurian Motor

by
January 20th, 2014 at 3:33 pm

CiriCara.com – Sejumlah produsen sepeda motor memang sudah meningkatkan sistem keamanan pada motor keluarannya. Namun hal ini tetap saja tidak menjadi jaminan motor Anda akan aman dari aksi pencurian.

curanmor

Pencurian Motor – Ist

Para pelaku pencurian sepeda motor ini terus menemukan cara baru untuk memperlancar aksinya. Karenanya, Anda harus waspada apalagi jika berada di tempat-tempat yang diketahui rawan aksi pencurian sepeda motor.

Pencuri motor ini umumnya mengincar sepeda motor saat sedang terparkir. Terkadang, motor yang terparkir di depan rumah pun bisa hilang. Berikut ada beberapa cara untuk mencegah aksi pencurian sepeda motor.

1. Tempat parkir

Pilih tempat parkir resmi dan yang sudah terjamin keamanannya. Minimal, pihak penyedia parkir bersedia membantu atau mengganti jika sepeda motor Anda hilang. Selain lebih aman, tempat parkir resmi ini juga aman dari sanksi tilang.

2. Mudah diawasi

Saat masuk ke lahan parkir, pilih tempat yang mudah terlihat oleh penjaga parkir. Hal ini karena umumnya para pencuri ini selalu mengincar sepeda motor yang terparkir di tempat sepi dan tidak ada pengawasan.

3. Kunci tambahan

Jika masih kurang yakin, lebih baik kunci motor Anda dengan kunci tambahan. Seperti kunci roda, kunci stang, alarm, gembok, kunci rantai, atau kunci disc cakram. Dengan pengamanan ekstra ini pencuri akan pikir-pikir lagi untuk mencuri motor Anda.

rantai motor awet

Rantai motor – Ist

4. Kunci rahasia

Anda bisa membuat kunci rahasia dengan memodifikasi motor. Misalnya, Anda bisa membuat kunci pemutus aliran listrik di bagian tersembunyi. Dengan demikian motor akan aman, karena meskipun kunci utama sudah dibobol, mesin tidak akan menyala tanpa adanya aliran listrik.

5. Lihat kondisi sekitar

Saat memarkirkan sepeda motor, lihat apakah ada yang mencurigakan atau tidak. Waspada jika ada mobil bok, pick up, atau truk yang berhenti di sekitar parkiran. Dalam sejumlah kasus, mobil bok ini digunakan pencuri untuk membawa motor sekalipun dalam kondisi terkunci.

Tidak ada salahnya Anda meningkatkan kewaspadaan mulai dari sekarang. Jangan ragu untuk melapor ke pihak yang berwajib jika Anda menjadi korban pencurian.

(YG)

Comment di sini