Cara Menyiasati Uang Sekolah yang Makin Mahal

by
January 20th, 2014 at 1:14 pm

CiriCara.com – Pendidikan anak menjadi salah satu hal yang perlu Anda pikirkan mulai dari sekarang. Hal ini karena biasanya biaya atau uang sekolah itu akan selalu meningkat setiap tahunnya. Apakah Anda sudah punya biaya pendidikan untuk anak?

biaya pendidikan anak

Pendidikan anak – Ist

Setiap orangtua tentu mengharapkan agar anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang sebaik mungkin. Namun, terkadang masalah ekonomi sering menjadi penyebab anak putus sekolah dan akhirnya jadi pengangguran karena sulit mendapat pekerjaan.

Baca juga: Cara Jitu Menyiapkan Dana Pendidikan Anak.

Untuk itu, sebagai orangtua Anda berkewajiban untuk menyiapkan uang sekolah anak. Jangan biarkan anak Anda putus sekolah hanya karena keterbatasan biaya. Berikut cara menyiasati uang sekolah yang makin mahal.

1. Jalur beasiswa

Beasiswa bisa membantu meringankan biaya sekolah. Namun untuk mendapatkannya, si anak harus mempunyai prestasi yang bagus di sekolah. Anda wajib membimbing anak agar jadi murid yang cerdas. Tapi jangan terlalu dipaksa jika memang kemampuan anak masih kurang.

2. Sekolah murah

Cobalah untuk memilih sekolah yang biayanya masih murah. Mungkin hal ini akan berpengaruh pada fasilitas sekolah yang kurang lengkap. Tapi, hal itu bisa diatasi jika Anda juga ikut membantu anak belajar saat berada di rumah.

3. Tabungan khusus

Pisahkan tabungan pendidikan anak dengan tabungan keluarga. Ingat! Mempersiapkan dana untuk masuk sekolah berbeda dengan mempersiapkan dana untuk membeli mobil. Kalau beli mobil, dana tidak cukup Anda masih bisa menundanya. Tetapi kalau untuk sekolah anak, masak Anda harus memundurkan waktu sekolahnya?

4. Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan ini bisa membantu Anda disaat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, Anda harus jeli saat memilih asuransi. Pilihlah asuransi pendidikan yang memang benar-benar bisa membantu Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyiasati biaya pendidikan yang makin mahal. Semakin cepat Anda mulai menabung untuk biaya anak, maka biaya yang akan terkumpul pun akan semakin besar.

(YG)

Comment di sini