Cara Mudah Agar Jemuran Cepat Kering Saat Musim Hujan

by
January 20th, 2014 at 3:06 pm

CiriCara.com - Hujan dengan intensitas tinggi beberapa minggu terakhir ini mengundang banyak masalah. Salah satu masalah kecil yang tidak boleh disepelekan adalah jemuran pakaian atau kain yang tak kunjung kering.

Cara agar pakaian cepat kering / Ist.

Cara agar pakaian cepat kering / Ist.

Pakaian atau kain yang tidak kering tentu akan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Selain itu, kain tidak akan bertambah bersih justru menjadi rusak karena proses pengeringan yang lama.

Karenanya, Anda harus mencari cara alternatif selain menggunakan tenaga panas matahari untuk mengeringkan kain yang Anda cuci. Jika Anda masih bingung mencari cara alternatif, simak cara-cara mudah mengeringkan jemuran yang masih basah secara cepat beikut ini:

1. Pakai pengering mesin cuci

Cara ini mungkin hanya bisa dipakai bagi mereka yang memiliki mesin cuci yang dilengkapi pengering. Tetapi, saat Anda menggukan fasilitas ini, Anda tidak bisa sembarangan mengeringkan baju dengan mesin cuci.

Yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkan pengering pada mesin cuci. Setelah selesai mencuci, coba tambah satu putaran pada mesin cuci dengan daya putaran tertinggi.

Saat Anda melakukan langkah ini, pisahkan pakaian berbahan berat dan ringan sehingga proses pengeringan akan lebih cepat.

Selanjutnya Anda bisa memasukkan handuk kering ke dalam pakaian basah yang sedang dikeringkan di dalam mesin. Handuk kering bisa membantu menyerap kelembaban pada pakaian basah.

2. Pakai lampu

Lampu bisa membantu mengeringkan pakaian lebih cepat. Jika seharian tidak ada sinar matahari yang membantu pengeringan pakaian, cukup letakkan pakaian yang masih basah tepat di bawah lampu yang terang.

3. Diangin-anginkan

Mengeringkan baju / Ist.

Mengeringkan baju / Ist.

Jangan khawatir apabila pakaian Anda tidak kering saat hujan deras tiba-tiba datang. Anda bisa memindahkan jemuran pakaian atau kain Anda pada tempat yang memiliki kipas angin.

Cukup letakkan pakaian di dekat kipas tersebut. Semakin besar kipas yang Anda gunakan, maka pakaian akan semakin cepat kering.

4. Peras dengan benar

Jangan memeras pakaian dengan cara memelintir kain dengan sekuat tenaga Anda. Langkah ini akan membuat kain menjadi sobek dan pudar warnanya. Cukup peras lembut kain tersebut dengan kedua tangan namun pusatkan perasan pada tangan Anda seperti saat Anda sedang melatih otot tangan. Dengan cara ini, pakaian akan terhindar dari kusut, sobek, dan pudar serta akan cepat kering. (RN)

Comment di sini