Banjir Juga Landa Sejumlah Wilayah di Pulau Jawa

by
January 21st, 2014 at 3:27 pm

CiriCara.com – Bencana banjir ternyata tidak hanya terjadi di Ibu Kota Jakarta saja. Sejumlah wilayah di Pulau Jawa juga terkena banjir sejak beberapa hari yang lalu. Rumah-rumah warga terendam dan sejumlah jalan pun terputus oleh genangan banjir.

banjir di pekalongan

Banjir di Pekalongan, Jawa Tengah – Tribunnews.com

Banjir hampir merata terjadi di seluruh wilayah, dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Sejumlah warga terpaksa mengungsi karena rumah mereka terendam banjir cukup tinggi. Kebanyakan banjir terjadi akibat luapan air dari sungai yang tidak bisa lagi menampung air hujan.

Di Jawa Barat, banjir terjadi di Kabupaten Subang yang menyebabkan jalur utama Pantura (Pantai Utara) terputus, mulai dari Kecamatan Patokbeusi, Ciasem, Sukasari, Pamanukan, hingga Pusakajaya. Hal ini dikhawatirkan bisa melumpuhkan perekonomian di Jakarta.

“Banjir yang terjadi di Pantura sangat masif dampaknya. Contoh yang paling sederhana adalah terputusnya jalur menuju Jakarta,” kata seorang pengusaha bernama Gatot Luprijatomo.

Di Jawa Tengah, banjir terjadi di sejumlah wilayah utara, seperti Kota dan Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Kudus, serta Kabupaten Pati. Banjir di wilayah utara Jawa Tengah ini lambat surut karena bersamaan dengan terjadinya pasang air laut.

Lihat juga: Video Pengendara Motor Terbawa Arus Banjir di Bekasi, Jawa Barat.

Sejumlah korban banjir akibat luapan sungai di Pekalongan sudah mulai mengungsi sejak tiga hari lalu. Untuk memenuhi kebutuhan para korban banjir, sejumlah pemuda Pekalongan pun meminta sumbangan kepada para pengendara yang melintas di jalur utama Pantura.

“Dana yang terkumpul, akan langsung kami belikan nasi, atau pun kebutuhan lain yang diperlukan untuk pengungsi,” kata Iwan salah satu pemuda yang ikut menggalang dana di Pantura, Selasa (21/1/2014).

Meski banjir sudah terjadi sejak lima hari lalu, kata Iwan, bantuan untuk para korban banjir di Pekalongan masih sangat minim. Itulah sebabnya Iwan dan rekan-rekannya terpaksa menggalang dana di jalur Pantura.

(YG)

Comment di sini