Cara Agar Bisa Bersaing di Dunia Kerja

by
January 21st, 2014 at 2:27 pm

CiriCara.com – Setiap tahun jumlah pencari kerja di Indonesia terus bertambah, dari yang hanya tamatan SMA hingga para Sarjana. Mereka selalu berebut perhatian untuk bisa masuk perusahaan yang diimpikan. Bisakah Anda bersaing dengan orang-orang tersebut?

para pencari kerja

Para pencari kerja – Ist

Mencari kerja bukan lah perkara yang mudah, apalagi jika Anda minim pengalaman. Pasalnya, kebanyakan perusahaan menginginkan calon karyawan yang sudah berpengalaman agar bisa beradaptasi dengan cepat.

Baca juga: Cara Mencari Pekerjaan Lewat Twitter.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena peluang untuk mendapatkan pekerjaan itu tetap ada. Anda hanya membutuhkan sedikit “bekal” tambahan agar lebih siap bersaing dengan para pencari kerja di luar sana.

Berikut cara agar Anda bisa bersaing di dunia kerja:

1. Punya nilai bagus

Agar bisa bersaing dengan para pencari kerja lainnya, Anda harus punya nilai yang bagus selama menempuh pendidikan. Karena beberapa perusahaan sering menjadikan nilai sebagai patokan untuk melakukan seleksi pegawai.

2. Pengalaman organisasi

Sebagai pemula, pengalaman dalam berorganisasi selama di sekolah atau kampus bisa membuat Anda jadi lebih siap untuk terjun ke dunia kerja. Dengan pengalaman ini Anda akan tahu cara bekerja sama, kerja efektif, dan yang paling penting adalah bekal mental.

3. Kerja magang

Beberapa di antara Anda mungkin sudah ada yang pernah kerja magang di suatu perusahaan karena tugas PKL dari sekolah. Selain untuk menyelesaikan tugas, kerja magang ini juga bisa memberikan pengalaman sehingga Anda jadi lebih siap untuk bekerja setelah lulus.

buruh bekerja

Buruh – Ist

4. Pernah ikut tes

Untuk menambah pengalaman, Anda bisa mengikuti sejumlah tes seleksi kerja. Dengan demikian, Anda akan lebih siap lagi jika ada panggilan tes dari perusahaan yang diimpikan. Jadi jangan ragu untuk ikut seleksi kerja, selama ada kesempatan.

5. Tegas dan sigap

Agar bisa menarik perhatian pihak perusahaan, Anda harus mempunyai sikap yang tegas dan sigap. Tunjukkan bahwa Anda itu adalah pekerja yang bersemangat. Setiap kali ada panggilan tes kerja, cobalah untuk tidak terlambat datang.

Jangan mudah menyerah hanya karena gagal seleksi kerja. Masih banyak lowongan pekerjaan lain yang bisa Anda coba.

(YG)

Comment di sini