Cara Membantu Korban Banjir Jakarta dan Jawa

by
January 21st, 2014 at 3:35 pm

CiriCara.com – Cuaca ekstrim di awal tahun menyebabkan intensitas hujan meningkat di berbagai daerah. Dampak dari kekacauan cuaca ini adalah timbulnya bencana banjir khususnya di Pulau Jawa dan Sulawesi.

Banjir Jakarta 2014 / Ist.

Banjir Jakarta 2014 / Ist.

Di Ibukota Jakarta saja, jumlah korban banjir tahun ini meningkat tiga kali lipat lebih banyak dibanding dengan tahun lalu. Tercatat sebanyak 38.672 Kepala Keluarga (KK) atau 134.662 jiwa.

Sedangkan untuk korban meninggal, tercatat 12 orang meninggal karena terkena dampak banjir yang selalu melanda Ibukota setiap tahunnya.

Ibukota Jakarta tidak hanya menjadi satu-satunya daerah yang terkena banjir. Daerah sekitarnya seperti Bekasi dan Tangerang juga mengalami banjir yang memaksa ribuan penduduk mengungsi.

Intensitas hujan yang tinggi juga terjadi di perairan utara Pulau Jawa tepatnya di jalur pantura. Beberapa kabupaten di utara pulau seperti Cirebon, Indramayu, Pekalongan, dan lainnya tenggelam karena banjir yang tinggi. Akibatnya jalur yang menghubungkan Jakarta dengan daerah-daerah di Pulau Jawa terpaksa ditutup. Korbanpun berjatuhan.

Dengan banyaknya bencana banjir yang tersebar di Pulau Jawa dan luar pulau ini, maka bantuan dari pemerintah saja tidak akan mencukupi. Kesadaran dari masyarakat untuk membantu saudara-saudara sebangsa yang sedang tertimpa musibah ini.

Jika Anda pembaca CiriCara.com tergerak untuk memberi bantuan, maka Anda bisa menyalurkan bantuan lewat beberapa lembaga resmi sebagai berikut ini:

(RN)

 

Comment di sini