Cara Melakukan Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

by
January 22nd, 2014 at 11:19 am

CiriCara.com – Pingsan dan kehilangan kesadaran bisa terjadi pada siapa saja, tak terkecuali keluarga Anda. Pemicu pingsan ini biasanya mulai dari terjatuh atau terbentur benda tupul sehingga membuat orang tersebut tidak sadarkan diri. Apa yang harus dilakukan?

menolong korban pingsan

Petolongan pada korban pingsan – Ist

Mendapati orang yang pingsan secara tiba-tiba sering membuat kita menjadi panik. Bahkan, beberapa orang mengaku bingung harus berbuat apa. Tidak adanya ahli medis di sekitar lokasi menjadikan suasana jadi semakin panik.

Jika Anda menemui kondisi seperti tersebut, sebaiknya jangan panik. Anda bisa memberikan pertolongan pertama pada korban pingsan. Pertolongan yang Anda berikan ini akan sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesadaran korban.

Berikut cara melakukan pertolongan pertama pada korban pingsan:

1. Topang tubuh mereka

Orang yang akan pingsan biasanya menunjukkan tanda-tanda kehilangan kesadaran. Misalnya, saat ada orang yang terlihat goyah dan kehilangan kesadaran, segera topang tubuh mereka dan letakan secara perlahan. Hal ini mencegah korban terjatuh secara tiba-tiba hingga mengakibatkan cedera yang serius.

2. Pindahkan ke tempat aman

Saat mendapati seseorang yang sudah tergeletak pingsan, segera lihat kondisi sekitar lokasi kejadian. Apakah korban pingsan karena digigit ular, tersengat aliran listrik, atau hal lainnya. Jika tidak ada yang mencurigakan, pindahkan korban ke tempat yang lebih aman.

3. Cek respon korban

Coba panggil namanya apakah korban bisa merespon. Anda juga bisa menepuk pundaknya beberapa kali. Jika korban bisa sadar kembali, tenangkan korban dan biarkan mereka untuk berbaring sesaat agar kembali pulih. Jika tidak sadar, segera panggil bantuan.

4. Jangan bergerombol

Kebiasaan orang selalu mengerubungi korban pingsan karena penasaran. Sebaiknya hindari hal ini, biarkan korban mendapatkan udara segar. Kebiasaan bergerombol justru akan membuat korban jadi susah bernapas.

pingsan5. Telepon bantuan medis

Jika korban tidak segera sadar, cek napas dan detak jantungnya. Jika napasnya mulai hilang dan melemah, segera hubungi tim medis untuk segera mendapatkan penanganan. Atau Anda bisa langsung membawanya ke rumah sakit.

6. Minuman manis

Saat korban sudah sadar, Anda bisa memberikan dia minum atau jus buah yang manis. Biasanya pingsan itu disebabkan karena mengalami dehidrasi, rendahnya kadar gula, dan juga kurang garam. Biarkan korban beristirahat hingga tubuhnya kembali fit.

Selain enam hal itu, Anda juga harus waspada saat memindahkan tubuh korban, terutama jika diketahui ada tulang yang retak atau patah. Kesalahan dalam mengangkat tubuh korban bisa memperburuk cedera tulangnya.

(YG)

Comment di sini