Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak Saat Hamil

by
January 23rd, 2014 at 10:34 am

CiriCara.com – Beberapa wanita hamil sering mengalami masalah susah tidur atau tidur tidak nyenyak selama masa kehamilan. Hal ini jelas akan mempengaruhi kebugaran tubuh ketika menjalani aktivitas di pagi harinya. Harus bagaimana?

tidur nyaman saat hamil

Tidur nyenyak saat hamil – Radius Images/Corbis

Wanita hamil biasanya akan susah tidur karena belum terbiasa dengan kondisi perut yang semakin besar. Tak hanya itu, wanita hamil juga sering mengalami kram dan rasa tak nyaman saat tidur. Itulah sebabnya mereka jadi tidak nyenyak saat tidur.

Wanita hamil yang mengalami susah tidur biasanya akan mudah terkena stres karena waktu istirahatnya kurang. Agar hal ini tidak berkelanjutan, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar bisa tidur nyenyak:

1. Kenyamanan tempat tidur

Agar bisa tidur nyenyak, maka kondisi tempat tidur harus nyaman. Wanita hamil membutuhkan bantal yang empuk. Letakkan bantal tambahan di sekitar kaki untuk menopang punggung yang tertekan perut yang membesar karena hamil.

2. Posisi tidur yang tepat

Posisi tidur sering mempengaruhi kualitas tidur ibu hamil. Apalagi jika perut sudah mengalami perubahan jadi semakin besar. Karenanya, Anda harus tahu posisi tidur yang tepat dan nyaman saat hamil.

3. Faktor makanan

Makanan juga bisa menyebabkan tidur jadi tidak nyenyak. Cobalah untuk makan makanan yang kaya karbohidrat seperti roti atau susu agar bisa tidur nyenyak. Makanan yang mengandung protein bisa menangkal sakit kepala dan juga mimpi buruk.

ibu hamil

Ibu hamil – Sangobion.co.id

4. Mandi air hangat

Gangguan tidur bisa terjadi karena tubuh merasa tegang atau pegal. Anda bisa mandi air hangat sebelum tidur. Karena mandi air hangat ini bermanfaatkan untuk merilekskan tubuh dan otot-otot yang tegang. Tapi, pastikan airnya tidak terlalu panas.

5. Jadwal waktu tidur

Mengantuk di siang hari adalah hal yang wajar terjadi di trimester pertama. Tapi, sebaiknya Anda jangan tidur siang terlalu lama karena bisa membuat Anda sulit tidur di malam harinya. Karenanya, hindari tidur siang agar tidur malam Anda bisa lebih nyenyak.

Terus jaga kondisi tubuh Anda agar janin yang dikandung bisa tetap sehat hingga hari kelahiran. Lakukan kontrol secara rutin dan konsultasikan masalah kehamilan Anda dengan dokter yang terpercaya.

(YG)

Comment di sini