Cara Hemat Merawat Kendaraan Anda

by
January 23rd, 2014 at 3:16 pm

CiriCara.com – Kendaraan memiliki peranan penting di zaman modern ini khususnya bagi peradaban masyarakat yang serba canggih. Sebagai barang otomotif pastinya memegang peranan penting untuk memudahkan kegiatan manusia terutama sebagai alat transportasi.

Cara merawat mobil

Cara merawat mobil / Ist.

Tentunya setiap pemiliknya mengharapkan agar barang miliknya tetap awet dan bertahan lama. Namun terkadang ada hal-hal yang justru bisa memparah kondisi kendaraan Anda sehingga mudah rusak dan tidak awet lama seperti pengaruh cuaca, bahan polutan bahkan cara pemakaian kita yang akan membuat kerusakan pada kendaraan kita, tak terkecuali kendaraan bermotor seperti mobil. Dan bila kendaraan itu telah mengalami kerusakan akan membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk memperbaikinya.

Baca juga: CiriCara: Cara Membersihkan Interior Mobil yang Benar

Perawatan untuk kendaraan bermotor tidaklah murah. Oleh karena itu perlu langkah-langkah perawatan dengan biaya murah dan hemat. Pastinya kendaraan Anda akan bertahan lama dan aman untuk digunakan. Kita juga harus waspada karena perawatan minim pada kendaraan anda pastinya akan membahayakan Anda sebagai pemilik dan penggunanya.

Bukan hanya masalah kerusakan spare part body dan mesinnya juga pastinya membahayakan keselamatan jiwa anda dan keluarga Anda. Oleh karena itu mulailah dengan langkah-langkah sederhana agar kendaraan anda tetap awet, terpelihara serta aman dan nyaman saat digunakan.

Berikut ini beberapa tips sederhana namun praktis untuk menjaga keawetan kendaraan Anda:

1. Sering-seringlah mengelap kendaraan Anda mengunakan kain khusus yang lembut dan kering apalagi sehabis dipakai untuk menghilangkan debu dan kotoran-kotoran yang menempel seperti percikan minyak agar body kendaraan kinclong serta terhindar dari tumpukan kotoran yang menyebabkan karatan pada body kendaraan anda.

2. Di musim penghujan, saat memarkir kendaraan Anda sebaiknya menggunakan alat penutup kendaraan (berupa plastik tebal/terpal)  untuk menjaga keawetan body dan mesin kendaraan anda dari keruskaan akibat karatan yang disebabkan air hujan karena air hujan bersifat asam (korosif).

3. Hindari penggunaan kendaraan Anda di lokasi jalanan yang berat seperti becek dan bebatuan yang menyebabkan hentakan serta ketukan berat pada mesin anda. Beberapa kendaraan baik itu motor maupun mobil tidak semuanya didesain untuk melintas kawasan yang berat. Jadi anda harus mengenali jenis kendaraan anda tersebut.

4. Jangan memberi beban berlebih pada kendaraan Anda diluar batas kemampuannya karena pastinya akan merusak mesin juga merusak bagian bawah (lantai) serta menyebabkan bannya mudah bocor). Misalnya, kapasitas mobil untuk 8 orang, diisi 11 orang pastinya lantai mobil akan cepat rusak/berlubang.

5. Rutin untuk melakukan service kendaraan Anda agar bila ada kerusakan bisa segera diketahui dan ditangani yang tentunya bisa menghemat biaya perawatan bila dibanding memperbaiki kendaraan yang sudah rusak parah, seperti kopling, ban,dll.

Cara merawat otomotif /

Cara merawat otomotif / Ist.

6. Saat mengendarai kendaraan jangan dibawa kebut-kebutan karena selain rawan kecelakaan juga kondisi mesin cepat drop. Pergunakan dengan hati-hati serta wajar, bagaimana pun yang namanya benda/barang bila digunakan sembarangan pastinya akan cepat rusak.

7. Cek selalu persediaan air di kap mobil. Hal ini sangat penting dan urgent selain bensin, air di kap mobil pun berguna untuk menjaga agar mesin tetap dalam kondisi dingin. Bila kehabisan air, mesin akan mengeluarkan asap sehingga bisa memicu kebakaran. Bila anda slalu bepergian keluar kota, bawa slalu air sebagai persedian.

Walaupun sederhana, langkah ini sangat membantu untuk menjaga keawetan mesin dan body kendaraan Anda agar tahan lama serta aman digunakan. Rajin merawat selain menghemat biaya juga membuat kendaraan Anda tampak bagus, dan slalu dalam kondisi prima. Bagaimana pun ketelatenan kita dalam merawat kendaraan akan dirasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

Baca juga: 7 Cara Tepat Merawat Mobil

Comment di sini