Cara Tepat Memilih Ban Untuk Musim Hujan

by
January 23rd, 2014 at 3:06 pm

CiriCara.com – Saat ini sejumlah wilayah Indonesia sudah mulai diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Bagi para pengendara kendaraan bermotor diharapkan untuk berhati-hati karena kondisi jalan licin akibat diguyur hujan.

pilih ban musim hujan

Memilih ban musim hujan – VIVAnews

Selain mengurangi kecepatan, Anda juga harus memperhatikan tipe ban yang digunakan untuk kendaraan. Apakah ban tersebut cocok untuk musim hujan seperti sekarang ini atau perlu diganti. Sebaiknya Anda berhati-hati, apalagi jika kondisi ban sudah gundul.

Baca juga: Cara Membedakan Ban Dalam Asli Dengan yang Palsu.

Pemilihan ban di musim hujan menjadi faktor yang penting untuk menjaga keselamatan Anda. Untuk itu, berikut ada beberapa panduan untuk memilih ban yang cocok dipakai di saat musim hujan seperti sekarang ini.

1. Tipe kembang sejajar

Kembang atau garis-garis pada ban akan sangat berpengaruh pada keseimbangan kendaraan. Di musim hujan, kembang dengan tipe direksional atau satu arah adalah yang paling tepat digunakan.

Jika sudah telanjur menggunakan ban lain, Anda tidak perlu khawatir. Karena semua pabrikan ban tentu sudah menyesuaikan kondisi cuaca di Indonesia. Agar lebih aman, selalu cek tekanan angin pada ban Anda.

2. Bersertifikasi internasional

Ban yang sudah bersertifikasi internasional adalah ban yang sudah lolos pengujian di berbagai kondisi jalan. Itu artinya, kualitas dari ban ini sudah terjamin dan pastinya aman digunakan saat musim hujan maupun kemarau

Sertifikasi internasional pada produk ban biasanya ditulis dengan kode DOT, ECE, dan GULF. Jika tidak ada, Anda bisa memilih ban yang sudah bersertifikat Standar Nasional Indonesia atau biasa disingkat jadi SNI.

Memakai Jas Hujan Ponco3. Pilih kompon medium

Produsen ban di Indonesia menyediakan pilihan kompon di masing-masing produk ban-nya. Mulai dari soft kompon, medium kompon, hingga hard kompon. Di musim hujan seperti ini, ada baiknya Anda memilih ban yang menggunakan medium kompon.

Keunggulan dari medium kompon ini bisa menggigit aspal lebih baik meskipun saat kondisi jalan basar karena diguyur hujan. Hal ini akan mengurangi risiko terpelesetnya kendaraan yang Anda kendarai.

Sebenarnya, mengganti ban khusus musim hujan ini bukan suatu keharusan. Bagi Anda yang tidak ingin mengganti ban, lebih baik kurangi kecepatan laju kendaraan Anda. Selalu waspada terutama lubang-lubang di jalan yang tertutup genangan air hujan.

(YG)

Comment di sini